Log in

Libas Palace, Liverpool di Ambang Juara

Mohammed Salah tampil gemilang saat melibas Crystal Palace, 4-0 Mohammed Salah tampil gemilang saat melibas Crystal Palace, 4-0

Liverpool-andalas The Reds Liverpool tampil perkasa saat menghadapi Crystal Palace di pekan ke-31 Liga Inggris. Tim besutan Jurgen Klopp itu menang telak 4-0, sekaligus mendekatkan Mohammed Salah dkk kepada trofi juara Premier League.

Bertanding di kandang sendiri, Stadion Anfield tanpa kehadiran Liverpudlian, Kamis (25/6/2020) dini hari WIB, Liverpool tampil dominan atas Palace. Empat gol bisa dicetak masing-masing oleh tendangan bebas Trent Alexander-Arnold di menit ke-25, dilanjutkan dengan gol Mohamed Salah (43'), Fabinho (55'), dan Sadio Mane (69').

Kemenangan membuat yang sangat meyakinkan itu, membuat Liverpool kembali menjauhkan jaraknya dengan Manchester City. Si Merah, yang masih di puncak klasemen Liga Inggris, kini mengoleksi 86 poin, unggul 23 angka dari City. Adapun Palace tertahan di posisi 9 dengan 42 poin.

Liverpool hanya membutuhkan dua poin lagi untuk menyegel gelar juaranya. Pasukan yang dipimpin Kapten Jordan Henderson ini, bisa mengunci gelar jika menang di laga selanjutnya melawan City, atau bahkan bisa lebih cepat menyegel gelarnya lebih cepat jika City gagal menang dari Chelsea di pekan ke-31, yang akan dihelat di Stadion Stamford Bridge, Jumat (26/6) dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan

Di sepuluh menit pertama, Liverpool cukup kerepotan menghadapi Palace. Tim tamu bermain cukup disiplin, sehingga pertahanannya sulit dibongkar. Upaya Salah sempat diblok, dan sepakan Georginio Wijnaldum serta kapten Jordan Henderson belum menemui sasaran di 10 menit pertama.

Hal serupa dialami Palace yang kesulitan memberikan ancaman, terlebih di menit ke-15, tim tamu kehilangan Wilfried Zaha yang mengalami cedera. Setelah beberapa percobaan, Liverpool memecah kebuntuan di menit ke-25. Berawal dari pelanggaran Jordan Ayew, tendangan bebas Alexander-Arnold membuat bola melesak langsung masuk ke gawang Palace. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

Tiga menit selepas gol Alexander-Arnold, Liverpool nyaris mendapat gol keduanya. Sepakan Henderson cuma membentur mistar, dalam situasi setelah mendapat tendangan bebas. Terus menekan, Liverpool menggandakan skor di menit ke-43. Salah yang mencatatkan namanya di papan skor, usai mengonversi umpan terobosan Fabinho menjadi gol. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Liverpool masih terlalu perkasa bagi Crystal Palace. Pada menit ke-55, gol ketiga lahir dengan cara yang spektakuler, melalui sepakan keras Fabinho dari luar kotak penalti, menendang bola melesak ke gawang lawan. Skor menjadi 3-0.

Pada menit ke-69, gol keempat akhirnya bisa didapat tuan rumah. Lewat serangan balik yang dikreasi Roberto Firmino dan Salah, Sadio Mane bisa menuntaskannya menjadi gol lewat sepakan placing ke pojok kiri gawang Palace. Si Merah pun unggul telak menjadi 4-0.

Usai unggul jauh, Liverpool mengendurkan temponya. Peluang sempat didapat oleh pemain pengganti Neco Wiliams di menit-menit akhir, namun gol kelima urung tercipta. Kemenangan 4-0 Liverpool atas Palace tetap bertahan hingga wasit menuip pluit.

Susunan Pemain

Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold (Williams 74'), Gomez, van Dijk, Robertson (Elliott 84'), Henderson (Oxlade-Chamberlain 64'), Fabinho, Wijnaldum, Salah, Firmino (Minamino 74'), Mane (Keita 84')

Crystal Palace: Hennessey, Ward, Cahill, Sakho, van Aanholt, McCarthy, Townsend, McArthur (Riedewald 66'), Kouyate (Milivojevic 66'), Zaha (Meyer 15'), Ayew (Pierrick 84')

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C