Log in

Akhirnya, Thiago Resmi Berlabuh ke Liverpool

Thiago Alcantara Thiago Alcantara

The Reds Liverpool akhirnya sukses mendatangkan gelandang berkualitas Thiago Alcantara. Liverpool telah menuntaskan transfer pemain berpaspor Spanyol tersebut, dari Bayern Munich.

Melalui situs resminya, Liverpool mengumumkan transfer Thiago, Jumat (18/9/2020) malam WIB. Liverpool mengikat gelandang berusia 29 tahun tersebut, dengan kontrak yang berdurasi empat tahun.

Namun para petinggi klub raksasa ini, tak menyebut secara rinci berapa nilai transfer Thiago. Namun, laporan yang beredar menyakini Liverpool menebus mantan pemain Barcelona itu senilai 20 juta paun.

"Perasaan yang luar biasa. Saya menunggu momen ini untuk waktu yang lama dan saya sangat, sangat senang ada di sini," ujar Thiago seperti dikutip situs resmi klub.

"Ketika tahun-tahun berlalu, Anda mencoba meraih kemenangan sebanyak mungkin dan ketika Anda jadi juara, Anda ingin lebih." "Saya kira klub ini juga mendeskripsikan diri saya. Saya ingin mencapai semua target, meraih trofi sebanyak mungkin," ujar mantan pemain Barcelona itu.

Thiago gabung Liverpool setelah menghabiskan tujuh tahun terakhir bersama Bayern Munich. Dia ikut mengantar Bayern merangkai treble winners musim 2019/2020. Selama tujuh musim di Bayern, Thiago meraih total 16 gelar juara. Dia mencatatkan 235 kali penampilan bersama Bayern, dengan menyumbang 31 gol dan 35 assist.

Kedatangan Thiago Alcantara sekaligus mengakhiri spekulasi apakah Liverpool bakal belanja pemain bintang di bursa transfer musim panas ini. Sebelum merekrut Thiago, Liverpool baru mendatangkan bek kiri asal Yunani, Kostas Tsimikas. Thiago akan mengenakan nomor punggung 6 di Liverpool.

Kepindahan Thiago Alcantara ke Liverpool rupanya ikut menarik perhatian hingga ke ruang ganti Manchester City, tim yang notabene rival utama The Reds di Premier League. Pep Guardiola selaku manajer The Citizens angkat suara soal transfer tersebut.

Guardiola sendiri sudah tidak asing dengan kemampuan Thiago. Mantan pelatih Barcelona itu merupakan sosok yang pertama kali mengorbitkan Thiago di Camp Nou pada 2009.

Guardiola pula yang membawa Thiago ke Allianz Arena, ketika juru taktik 49 tahun itu ditunjuk sebagai pelatih Bayern di tahun 2013. Saat itu, Thiago menjadi pembelian prioritas Guardiola di Die Roten.

Ketika rumor Thiago ingin segera angkat kaki dari Bayern selepas akhir musim 2019/2020, City dikabarkan turut mengincarnya pula. Namun, rumor tersebut dibantah Guardiola yang menyebut timnya sudah penuh di sektor lini tengah.

"Kami tidak tertarik mendatangkannya ke Manchester. Kami memiliki pemain-pemain lain di posisinya," kata Guardiola, seraya menambahkan dirinya senang sekali dia datang ke Inggris. "Premier League bakal menikmati kehadiran sosok yang hebat," kata Pep, soal kepindahan Thiago ke Liverpool.(**)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C