Log in

Kim Yo-jong, Sebulan Lebih 'Menghilang'

Kim Yo-jong Kim Yo-jong

Korut-andalas Adik perempuan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, tak terlihat di tengah publik sejak 27 Juli 2020 (sudah sebulan lebih). Seorang pakar pun khawatir perempuan muda yang jadi pemimpin nomor dua Korea Utara ini berada dalam bahaya karena bisa dianggap bisa menjadi ancaman bagi kakaknya.

Kekhawatiran muncul beberapa minggu setelah Kim Yo-jong dilaporkan siap untuk mengambil alih kekuasaan di Korea Utara. Menghilangnya adik perempuan Kim Jong-un ini merupakan hal yang tidak biasa.

Pasalnya, Kim Yo-jong hampir selalu terlihat di tengah-tengah publik sepanjang tahun ini, bahkan ketika kakaknya absen dari penampilannya di depan publik dalam waktu lama yang memicu dugaan bahwa kesehatannya menurun.

Belakangan ini, sang pemimpin Kim Jong-un kerap diabadikan bersama para pejabat tinggi Korut, tetapi sang adik perempuannya justru sama sekali tidak terlihat batang hidungnya.

Di kalangan pers internasional, Kim Yo-jong telah dianggap sebagai "orang kedua dalam komando" Kim. Hal itu yang membuat sejumlah pakar khawatir, bahwa Kim Jong-un yang terkenal pendendam, kini melihat adiknya sendiri sebagai ancaman.

Profesor Nam Sung-wook, dari Universitas Korea, mengatakan kepada The Chosun Ilbo; “Di masa lalu, siapa pun dirampas dari posisinya saat mereka digambarkan sebagai orang nomor dua di (Korea) Utara."

"Harus ada kemiripan check and balances, meskipun Kim Yo-jong adalah anggota keluarga," ujar Profesor Nam seraya menyebutkan, terdapat kemungkinan bahwa Kim Yo-jong telah mundur atas kemauannya sendiri.

Sejauh ini, belum jelas siapa sosok pesaing potensial Kim Jong-un di Korea Utara, setelah rezimnya mengeksekusi pamannya sendiri, Jang Song-thaek, yang sangat dihormati. Jang, sebelum dieksekusi sekitar 2013, digambarkan sebagai pemimpin de-facto Korea Utara ketika ayah Kim Jong-un; Kim Jong-il, sakit.

Setelah pemerintah Korut mengonfirmasi eksekusi mati Jang Song-thaek, Kim Jong-un melalui sebuah pernyataan menggambarkan sang paman "lebih buruk dari seekor anjing" yang bermaksud untuk merebut kekuasaan tertinggi dengan cara yang paling licik.

Sung-Yoon Lee, seorang profesor di Sekolah Hukum dan Diplomasi Fletcher Universitas Tufts, mengatakan jelas bahwa adik perempuan Kim Jong-un sedang dipersiapkan untuk mengambil alih kekuasaan.

Nah, tidak tertutup kemungkinan atas dasar itu pula, sang penguasa absolut Kim Jong Un dikhawatirkan telah melakukan 'sesuatu' untuk menyingkirkan pesaingnya itu, kendati dia merupakan adik perempuannya sendiri.

Berita lain dari kategori ini : « Demokrat Dukung Joe Biden Hadapi Trump

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C