Log in

Pelaku Penggelapan Motor Diringkus Polsek Delitua

 Tersangka penggelapan sepeda motor diamankan Polsek Delitua Tersangka penggelapan sepeda motor diamankan Polsek Delitua

Medan-andalas Satu dari dua pelaku penggelapan sepeda motor Vario 125 nomor polisi BK 2146 LMA yang beraksi di Jalan Karya Jaya Gang Eka Rukun, Kelurahan Gedung Johor, Medan Johor, dengan modus berpura-pura menolong korbannya diringkus Polsek Deli Tua.

Tersangka dibekuk saat berada di depan pabrik sarung tangan Jalan Patumbak, Desa Marindal I, Deli Serdang, setelah buron hampir dua bulan.

Dia adalah Andika Yohanes Matondang alias Birong (23), warga Dusun 1 Desa Langau Seorang Blok E 5, Tanjung Morawa, Deli Serdang. Sedangkan korbannya Doarjo Sasan Basri Sipangkir (33), warga Dusun II, Kelurahan Ujung Serdang, Tanjung Morawa.

Kapolsek Delitua AKP Zulkifli Harahap melalui Kanit Reskrim Iptu Immanuel Ginting menjelaskan, tersangka ditangkap pada Rabu (15/7) sekira pukul 13.00 WIB.

"Kita menerima informasi dari korban bahwa pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor miliknya sedang berada di depan pabrik sarung tangan Patumbak. Mendapat info tersebut, selanjutnya diturunkan personel dan berhasil mengamankan pelaku sekira pukul 14.00 WIB," ungkap Immanuel, Kamis (16/7).

Disebutkan dia, dari hasil introgasi, pelaku mengakui perbuatannya telah melakukan penipuan dan pengelapan sepeda motor korban. Dalam aksi kejahatannya, pelaku beraksi bersama seorang rekannya berinisial Ik yang sedang diburu. "Motor korban telah dijual rekan pelaku tersebut sebesar Rp 1.100.000 dan uangnya lalu dibagi dua," sebut Immanuel.

Ia menjelaskan, aksi pelaku dilakukan pada Selasa, 19 Mei 2020 lalu sekitar pukul 17.00 WIB. Awalnya, korban mau pulang ke rumah orang tuanya di Tanjung Morawa dengan mengendarai sepeda motor tersebut. Namun, ketika melintas di Jalan Patumbak ternyata korban menyenggol seorang laki-laki dan terjatuh. Korban pun langsung kabur.

Tetapi, di tengah jalan, korban dikejar oleh laki-laki yang disenggolnya itu bersama kawannya. Kemudian, meminta uang pengobatan sebagai pertanggungjawaban. Lantaran tidak memiliki uang, korban lalu memberikan ponselnya kepada pria disenggolnya sebagai jaminan. Korban pun berjanji sore harinya akan kembali mengambil ponselnya dan memberikan uang perobatan.

"Sekitar pukul 17.00 WIB korban kembali dan mendatangi lokasi senggolan untuk mengambil ponselnya. Lantas, korban bertemu pelaku bersama rekannya yang secara kebetulan di lokasi itu. Korban kemudian bertanya kepada pelaku dimana rumah pria yang disenggolnya? Kedua pelaku langsung memanfaatkan kesempatan itu dengan berpura-pura mengetahui rumah pria yang disenggol korban dan mengantarkannya dengan berbonceng tiga," terang Immanuel.

Korban dibawa keliling sampai di Jalan Karya Jaya Gang Eka Rukun. Lalu, pelaku menunjukkan salah satu rumah sambil mengatakan bahwasanya itu rumah pria yang disenggol korban.

"Korban kemudian turun dari motornya. Saat itulah, kedua pelaku langsung melarikan motor korban. Sementara itu, korban membuat laporan ke Polsek Deli Tua," tandas mantan Kanit Reskrim Polsek Medan Baru ini. (DA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C