Log in

Kawanan Perampok Asal Samosir Beraksi di Kabupaten Dairi

 Pelaku perampokan berinisial SZ dirawat di Puskesmas Tigalingga Kabupaten Dairi, Kamis (2/7).(andalas/parulian nainggolan)   Pelaku perampokan berinisial SZ dirawat di Puskesmas Tigalingga Kabupaten Dairi, Kamis (2/7).(andalas/parulian nainggolan)

Sidikalang-andalas Kawanan perampok berjumlah 5 orang beraksi di Dusun Tampuk Kite, Desa Batu Gungun Kecamatan Gunung Sitember, Kabupaten Dairi, Kamis (2/7) sekira pukul 01.30 WIB dinihari. Sasarannya adalah rumah toke (pengusaha) jagung, Bandar boru Tarigan yang juga istri dari Aman Marpaung (almarhum), mantan anggota DPRD.

Informasi dihimpun menyebutkan, brankas berisi uang sempat dibawa kabur pelaku berinisial SZ. Namun kemudian tertinggal dan ditemukan sejauh 100 meter dari rumah korban. Dijelaskan, 4 dari 5 orang pelaku, masing-masing berinisial MS, SZ, AS dan IS merupakan warga Pangururan Kabupaten Samosir. Sementara satu orang rekannya berinisial AP merupakan penduduk desa setempat.

Malam itu, keempat pelaku masuk ke rumah korban dengan cara mencongkel pintu belakang. Setelah berhasil masuk kamar, pelaku disekap dan diancam pisau. Mereka mengambil brankas. Atas aksi itu, korban berontak dan minta tolong.

Mendengar itu, pembantu terbangun dan langsung lari keluar rumah dan berteriak minta tolong kepada warga. Hal itu membuat pelaku kocar-kacir dan berhamburan keluar rumah, brankas yang sempat diboyong pun tertinggal sekitar 100 meter dari rumah korban.

Sementara AP, anggota kawanan perampok yang merupakan warga setempat yang menunggu di dalam mobil langsung tancap gas dan meninggalkan yang lain. AP kabur ke arah Tanah Pinem. Namun mengalami kecelakaan, mobil yang dikemudikannya terbalik di sekitaran Lau Tawar.

Salah satu pelaku berinisial SZ ditemui wartawan di ruang rawat Puskesmas Tigalingga membenarkan aksi mereka. Mereka berangkat dari Pangurunan mengendarai mobil jenis Avanza Nopol BK 1883 MG yang dirental.

Tak lama, polisi yang mendapat informasi kejadian itu segera turun ke lokasi dan berhasil mengamankan 4 pelaku termasuk AP. Penangkapan dipimpin Kapolsek Tigalingga AKP Saranua P Siringoringo dan Kasat Reskrim AKP Rudianto Silalahi beberapa jam pasca kejadian. Keempatnya ditangkap secara terpisah.

AP ditangkap dalam kondisi terkurung dalam mobil terbalik yang dikenderainya saat hendak melarikan diri dalam kondisi luka-luka, dan selanjutnya dilarikan ke RSUD Sidikalang untuk menjalani perwatan. Sementara satu tersangka berinisial IS masih dikejar petugas Kepolisian.(GOL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C