Log in

BNNK Batu Bara Tangkap Pengedar Narkotika Jenis Sabu

Tersangka saat diamankan di kantor BNNK Batu Bara Tersangka saat diamankan di kantor BNNK Batu Bara

Batu Bara-andalas Yudha Pratama (20) warga Dusun III Ladang Baru, Desa Pasar Lapan Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara, diamankan di Desa Pare-pare kecamatan yang sama oleh BNNK Batu Bara beserta barang bukti jenis sabu-sabu, Rabu (23/9/2020) sekitar pukul 12.15 WIB.

Hal ini disampaikan Kepala BNNK Batu Bara AKBP Zainuddin saat melakukan press realease di Aula Kantor BNN Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara, Kamis (24/9/2020).

Kepala BNNK AKBP Zainuddin didampingi Kasi Berantas Kompol Hendra mengatakan, penangkapan tersangka berawal dari informasi masyarakat. Kemudian, Tim BNN Kabupaten Batu Bara melakukan pengembangan dan penyelidikan kepada tersangka saat mengantar barang pesanan dengan menggunakan sepeda motor.

Tidak begitu lama Tim BNN melihat tersangka di tempat kejadian perkara (TKP) Jalan lintas Lorong IV Desa Sipare-pare. "Selanjutnya, dilakukan penangkapan oleh petugas BNN beserta barang bukti dari tangan tersangka 1 paket kecil dan 9 paket sedang yang disita dari bagasi tempat duduk motornya," sebut Zainuddin.

Dijelaskannya, selain itu juga telah mengamankan 10 paket kecil narkotika jenis sabu yang dikemas dengan plastik klip transparan dengan berat bruto 1,44 gram atau netto 1,04 gram.

Satu plastik sedang berisi plastik klip kosong ukuran kecil dengan jumlah 53 buah. Satu kotak kecil berwarna putih, dua pipet kecil berbentuk skop. Satu unit Hp merk Samsung. Satu unit sepeda motor merk Yamaha F1ZR Tanpa Nopol.

Lalu pemeriksaan dilanjutkan, tersangka mengaku, kalau barang jenis sabu dibeli dari bandar berinisial M, yang juga DPO merupakan warga daerah Simalungun. Tersangka setiap menjual dengan paket kecil dengan harga Rp 100.000/paket setiap hari minimal 2/3 orang setiap hari.

Dari hasil penjualan yang diedarkan diperoleh setiap harinya sebanyak Rp300.000 /gram dan pelaku mengaku, baru dua bulan melakukan penjualan dan pengedaran sabu.

Menurut Kepala BNN, jika pelaku per hari mengedar kepada tiga orang saja di sekitar kampungnya, maka perbulan ia telah merusak 90 orang. "Saya mengimbau agar seluruh elemen masyarakat bersinergi dalam perang menghadapi narkoba," ujarnya.

Tersangka dikenakan pasal yang disangkakan adalah Pasal 114 Ayat (1) Subs Pasal 112 Ayat (1) Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009, tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara selama minimal empat tahun dan maksimal 20 tahun. (pr)

 

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C