Log in

Ramadan, Momentum Menuju Perubahan


“Puasa bukanlah sekadar menahan diri dari makan dan minum, akan tetapi sesungguhnya puasa itu adalah mencegah diri dari segala perbuatan yang sia-sia serta menjauhi perbuatan-perbuatan yang kotor dan keji".(HR Bukhori)

Segenap umat Islam yang mulai menjalani ibadah puasa hari ini, hendaknya bisa mencermati sekaligus mengimplementasikan pesan Nabi SAW di atas. Bahwa, melaksanakan ibadah puasa, bukanlah sekadar tidak makan dan minum. Namun, yang lebih penting lagi adalah bagaimana agar pelaksanaan ibadah puasa tersebut mampu membuat seseorang menjadi lebih baik alias mencegahnya melakukan perbuatan yang tidak baik.

Dengan menjalankan ibadah puasa, diharapkan kita bisa berubah ke arah yang lebih baik ! Kehadiran bulan suci Ramadan diharapkan bisa menjadi momentum bagi segenap umat Islam untuk melakukan perubahan. Dan, memang banyak perubahan yang bisa dilakukan pada bulan Ramadan. Misalnya kita bisa melaksanakan salat malam setiap malam dan bertadarrus. Memperbanyak infaq dan sedekah, tilawah dan berbagai ibadah lainnya.

Melalui ibadah puasa juga diharapkan dapat mengubah seorang hamba Allah, menjadi pribadi yang lebih baik (berakhlak karimah). Yakni, tidak menghalalkan segala cara demi meraih kemenangan, serta mampu pula menjaga keseimbangan antara hablum-minallah (hubungan dengan Allah) dan hablum-minannas (hubungan dengan sesama manusia).

Di sisi lain, setidaknya terdapat dua hal penting yang bisa kita dapatkan dari kedatangan bulan Ramadan. Selain bonus-bonus luar biasa dari Allah SWT berupa pahala yang berlipat ganda, yaitu momentum dan pembuktian. Keduanya sangat penting untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Momentum membuat kita mudah bergerak dan terus bergerak.

Selama mampu menjaga momentum, maka kita akan terus bergerak menuju perubahan. Begitu juga, dari segi mindset, kita sudah memiliki mindset sukses dengan pembuktian bahwa kita bisa melakukan hal-hal yang pada hari-hari biasa dianggap berat. Ramadan merupakan momentum perubahan menuju manusia dengan derajat takwa. Ini sudah pasti jika kita menyambut Ramadan dan menjalankan ibadah dengan sungguh-sungguh.

Namun bukan hanya kesuksesan akhirat yang bisa kita raih melalui momentum Ramadan, tetapi keberhasilan di dunia pun bisa digapai. Kita sudah memiliki mindset sukses yang bisa terus dipertahankan untuk kehidupan kita, baik dalam urusan dunia maupun akhirat. Mindset sukses yang seringkali tidak disadari oleh kita setelah lebaran ialah kemampuan untuk berbuat lebih baik daripada yang biasa kita lakukan.

Implementasinya dalam kehidupan kita sehari-hari ialah bahwa kita bisa melakukan tindakan yang lebih baik dari hari-hari sebelumnya. Anda bisa bertindak lebih dalam dunia kerja, bisa berbuat lebih dalam bisnis. Anda bisa berbuat lebih dalam dakwah. Sehingga kita menjadi manusia yang selalu lebih baik dari hari ke hari, sementara inilah salah satu kunci sukses.

Sebagai hambaNya yang beriman, sudah selayaknya kita bersyukur, karena masih diberikan kesempatan untuk menyambut dan menikmati berbagai keistimewaan Ramadan tahun ini. Karena itu, manfaatkanlah dengan sebaik mungkin untuk bertindak dan beribadah lebih baik dari hari-hari sebelumnya dan momentum ini tetap harus kita jaga pada 11 bulan lainnya. Semoga kita menjadi salah satu hamba Allah yang beruntung, mendapatkan keberkahan Ramadan. Amin ya rabbal alamin.(**)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C