Log in

Raker DPRDSU Jangan Sekadar Rutinitas


DPRD Sumut kembali menggelar rapat kerja program Tahun Anggaran 2019 selama tiga hari, mulai Rabu (13/11) hingga Sabtu (16/11). Pada rapat kerja kali ini, pihak DPRD Sumut kembali memilih The Hill Hotel Resort sebagai lokasi rapat. The Hill Hotel Resort merupakan hotel bintang lima yang berada di kawasan sejuk Sibolangit, Deli Serdang.

Untuk rapat kerja ini diperkirakan akan menghabiskan anggaran mencapai miliaran rupiah. Sebab, berdasarkan data pada anggaran Raker pada tahun 2016 lalu saja, Sekretariat DPRD Sumut mematok pagu anggaran senilai Rp2,9 miliar lebih. Dengan demikian, besar kemungkinan anggaran disediakan tidak akan mengalami perubahan signifikan.

Penyelenggaraan rapat kerja DPRD Sumut merupakan kegiatan yang perlu dan wajar dilaksanakan dalam rangka menyusun program pada tahun anggaran 2020 mendatang. Apalagi, DPRD Sumut kali ini merupakan periode baru. Jadi, pelaksanaan Raker ini bisa disebut sebagai sesuatu yang bersifat keharusan (qonditio sine qua non), dan mutlak mesti dilaksanakan.

Melalui Raker ini pula diharapkan bisa disusun program kerja masing-masing alat kelengkapan dewan (AKD), khususnya program komisi-komisi. Raker juga bisa dijadikan sebagai ajang memperkuat silaturahmi dan kekompakan antaranggota dewan, sekaligus memperkokoh sinergi antara pihak legislatif dengan eksekutif. 

Kendati Raker DPRDSU ini urgen dan harus diadakan. Namun, tempat penyelenggaraan rapat seharusnya tidak mesti di hotel berbintang lima dengan pagu anggaran miliaran rupiah. Sebab, kondisi perekonomian dan keuangan daerah (Sumatera Utara), hingga kini belum stabil. Semestinya, rapat itu juga bisa dilaksanakan di gedung dewan, yang cukup fasilitasnya sudah cukup representatif.

Dengan demikian miliaran pagu anggaran yang digelontorkan untuk menggelar rapat kerja tersebut tidak terkesan sebagai sebuah kegiatan pemborosan. Dengan kata lain, akan jauh lebih efektif dan bermanfaat, bila dana yang relatif besar itu dialokasikan untuk program lain yang langsung bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat.

Namun, karena anggaran sudah telanjur dialokasikan, dan Raker DPRD Sumut ini sudah menjadi agenda tahunan, kita berharap pelaksanaannya tidak sekadar rutintas belaka. Program kerja yang dihasilkan dari rapat tersebut, hendaknya direalisasikan dengan optimal, sehingga anggaran yang telah dihabiskan itu tidak terbuang sia-sia.

Supaya pelaksanaan Raker DPRD Sumut ini tidak menjadi rutinitas belaka dan sekadar ajang rekreasi keluarga, maka seluruh anggota dewan diharapkan benar-benar serius mengikuti rapat kerja tersebut. Jangan sampai seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan yang viral di media mainstream, justru sejumlah wakil rakyat tengah berjoget-ria, bernyanyi, dan main biliar di lokasi raker.

Mengisi waktu luang di sela raker dengan bernyanyi sebenarnya sah-sah saja. Namun, akan jauh lebih lagi jika para anggota dewan memanfaatkan waktu luang itu untuk pemantapan pembahasan materi-materi yang akan dan sudah dibahas di arena Raker. Harus diingat, keberadaan para anggota dewan di lokasi itu adalah dalam rangka mengikuti rapat kerja, bukan untuk bersenang-senang.

Karena itu, sekali lagi kita mengimbau pimpinan DPRD Sumut dan pimpinan fraksi, supaya bisa mewanti-wanti dan menertibkan anggota dewan, agar benar-benar serius dalam mengikuti pelaksanaan Raker tersebut. Jangan sampai kegiatan Raker dijadwalkan berlangsung selama empat hari, ternyata baru tiga hari sudah ditutup, karena para anggota dewannya sudah tidak nampak lagi batang hidungnya alias sudah pulang sebelum Raker berakhir. Dalam hal ini, Badan Kehormatan DPRDSU diminta ikut pula berperan dalam memberikan pressure, supaya Raker tidak mengejawantah menjadi rutinitas belaka. (**)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px