Logo
Print this page

Kabinet yang Menjanjikan dan Mengejutkan


Kendati dua hari sebelumnya, para calon menteri sudah dipanggil ke istana. Namun, kepastian pengumuman dari Presiden Joko Widdodo tetap ditunggu-tunggu. Akhirnya, Rabu (23/10) pagi, Presiden Joko Widodo mengumumkan secara resmi para menteri yang akan menjadi pembantunya, sekaligus menjawab keingintahuan masyarakat.

Dari nama-nama anggota kabinet yang diumumkan tersebut, terdapat sejumlah nama yang menjanjikan dan ada pula cukup mengejutkan, berkaitan dengan posisi yang diduduki. Antara lain yang cukup mengejutkan adalah penempatan Jenderal (Purn) Fachrul Razi sebagai Menteri Agama RI. Pasalnya, selama ini tidak pernah terdengar aktivitas mantan Wakil Panglima TNI ini di organisasi keagamaan.

Kemudian, Nadiem Anwar Makarim yang masih berusia sangat muda (35 tahun), diberi jabatan yang sangat berat, yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Sangat sukar dibayangkan, bagaimana nanti cara Nadiem saat berhadapan dengan para rektor dan guru besar yang sudah jauh lebih berpengalaman, ketika sang menteri berbicara di kampus atau institusi pendidikan.

Demikian halnya, penempatan Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa sebagai Menteri PPN/ Kepala Bappenas juga terkesan kurang pas, karena latar belakang yang bersangkutan lebih dominan sebagai pengusaha dan politisi serta usianya juga sudah cukup tinggi (64 tahun). Sementara kinerja Bappenas membutuhkan mobilitas tinggi.

Sosok Zainuddin Amali yang diberi kepercayaan sebagai Menpora juga mengejutkan, karena latar belakang politisi ini tidak menonjol di bidang olahraga dan kepemudaan serta usianya juga sudah tidak muda lagi (57 tahun). Begitu juga sosok Agus Suparmanto, yang notabene Ketua Umum PB Ikatan Anggar Seluruh Indonesia justru dipercaya sebagai Menteri Perdagangan. Kiprah Agus selama ini juga kurang dikenal publik, dan belum diketahui persis nilai plusnya.  

Selain itu terdapat pula sosok yang penempatannya terkesan tidak sejalan dengan portfolio yang dikehendaki partai yang mengutusnya. Seperti Tjahjo Kumolo yang digeser menjadi Menteri PAN/RB, sementara partainya masih ingin yang bersangkutan tetap sebagai Mendagri. Demikian halnya Partai Gerindra yang ingin Edhy Prabowo menjadi Menteri Pertanian, akhirnya ditempatkan di posisi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Kendati terdapat nama-mana yang pos menterinya terkesan mengejutkan dan di luar ekspektasi publik. Namun, mayoritas menteri lainnya cukup menjanjikan dan sangat pas berada di posisinya. Seperti Mahfud MD sudah tepat sebagai Menko Polhukam, Siti Nurbaya Bakar sebagai Menteri LHK, Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan, Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata, Erick Thohir Menteri BUMN, Bahlil Lahadalia Kepala BKPM, dan Syahril Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian.

Tetapi, pada akhirnya keberhasilan para menteri ini tidak hanya tergantung pada track record-nya, melainkan lebih ditentukan oleh kerja kerasnya sebagai figur yang telah diberi amanah oleh presiden untuk menyukseskan program pemerintah. Dalam hal ini para menteri berkewajiban menyimak sekaligus mematuhi perintah yang disampaikan presiden usai pengumuman para menteri tersebut.            

Perintah pertama, jangan korupsi sekaligus menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi. Kedua, tidak ada visi misi menteri, yang ada adalah visi misi presiden dan wakil presiden. Para menteri juga diperintahkan untuk tak terjebak pada rutinitas monoton. Para menteri diperintahkan agar berorientasi pada hasil nyata.

Dalam perjalanan kabinet sejak zaman SBY hingga sekarang, selalu saja ada menteri yang tersandung kasus korupsi. Karenanya, sangat wajar jika perintah Presiden Jokowi supaya para menteri tidak terlibat korupsi harus diindahkan, agar semua program yang dicanangkan di kementerian, benar-benar dirasakan hasilnya oleh rakyat Indonesia. Selamat bekerja...(**)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com