Log in

Artis dan Jeratan Narkoba


Lagi-lagi artis kita kesandung jerat narkoba. Kali ini, giliran artis Nanie Darham ditetapkan menjadi tersangka dan resmi ditahan gegara kasus narkoba. Kedok pemain film 'Air Terjun Pengantin' yang diduga sebagai pengedar narkoba terbongkar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengungkap awal mula tertangkapnya Nanie ini. Bermula, ketika tim Subdit 2 Ditnarkoba Polda Metro Jaya mendapatkan informasi adanya pengedar kokain di sebuah apartemen di Jakarta Selatan. Menindaklanjuti informasi itu, polisi bergerak melakukan penyelidikan selama 1 bulan.

Polisi lalu menangkap 2 pria berinisial JA dan WAD di lobi apartemen Mega Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan pada 2 Februari 2020. Mereka mengaku mendapatkan narkoba dari tangan Nanie. Barang bukti yang disita 14,86 gram kokain.

Keterlibatan kalangan artis dan selebriti kita ke dalam jeratan narkoba, tidak lagi menjadi kabar yang mengejutkan. Karena itu ketika pihak kepolisian menangkap seorang artis yang terlibat sebagai pemakai dan pengedar narkoba, hal itu sudah dianggap sebagai berita yang biasa-biasa saja.

Pasalnya, sudah sejak lama dunia keartisan kita akrab dengan penggunaan barang terlarang tersebut. Sebelum Nanie, sudah banyak nama-nama beken yang dibekuk karena kasus narkoba. Di antaranya Roy Marten, Polo, Sheila Marcia, Sammy Simorangkir, Restu Sinaga, Robby 'Geisha', Jeffri Nichol, Revaldo, Jupiter, Axel Matthew, dan banyak lagi.

Sebenarnya bukan hanya kalangan artis, anak-anak remaja biasa lainnya di sekitar kita, juga banyak yang terpuruk dalam jeratan narkoba. Namun, keterlibatan para artis ini menjadi sorotan banyak pihak, karena mereka merupakan figur publik, yang dalam kehidupan sehari-hari sudah bergelimang dengan harta dan hidup yang serba berkecukupan.

Pertanyaannya, mengapa para artis yang sudah hidup serba berkecukupan itu, masih bisa terjerat dalam penggunaan narkoba ? Tentu, dalam hal ini banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Di antaranya adalah keharusan bagi mereka untuk menjaga stamina untuk tetap prima, dalam menjalani shooting dan atau perform di atas panggung.

Dalam hal ini mereka memiliki persepsi yang keliru perihal pentingnya menjaga tubuh tetap sehat dan prima. Sesungguhnya tubuh yang sehat dan prima lebih dimungkinkan bisa didapatkan dengan menjaga pola makan, kebiasaan sehari-hari (tidur dan istirahat yang cukup), olahraga teratur, serta lingkungan/pergaulan yang kondusif.

Dengan kata lain, terjadi mispersepsi terhadap kiat menjaga tubuh tetap prima dan bisa tampil all out sesuai dengan tuntutan sutradara yang mengharuskan mereka hadir on time dalam menjalani shooting sinetron kejar tayang atau penyanyi yang diharuskan selalu tampil fresh saat menggelar tur konser atau saat live performance di televisi.

Sementara itu, pergaulan artis yang cenderung bebas dan akrab dengan glamournya kehidupan malam, mau tak mau menyebabkan mereka sering telat untuk tidur alias hanya memiliki waktu yang sedikit untuk istirahat. Di sisi lain jadwal shooting dan manggung sudah menunggu dan mengharuskan mereka tetap terlihat fresh. Dihadapkan pada situasi inilah, yang sering menyebabkan mereka terpaksa mengonsumsi narkoba.

Apa pun alasannya, mengonsumsi narkoba merupakan sebuah tindakan yang tidak dibenarkan. Baik artis maupun rakyat biasa, banyak juga yang menjadi korban jeratan narkoba. Karena itu selain penindakan, juga perlu ditingkatkan rehabilitasi dan proteksi terhadap para korban narkoba tersebut. Monggo...(**)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C