Logo
Print this page

Petani Binjai Berhasil Budidayakan Bawang Merah Organik

   Wali Kota Binjai HM Idaham SH MSi menerima audiensi Darmawan dari Kelompok Harapan Tani didampingi Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Agustawan Karnajaya Wali Kota Binjai HM Idaham SH MSi menerima audiensi Darmawan dari Kelompok Harapan Tani didampingi Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Agustawan Karnajaya

Binjai-andalas Kota Binjai berpotensi menjadi sentra produksi bawang merah. Hal ini terbukti dengan keberhasilan petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Harapan Tani membudidayakan tanaman bawang merah berbasis organik di Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Binjai Selatan. Tak tanggung-tanggung panen bawang merah yang dihasilkan dalam sebulan mencapai 20 ton.

Hal ini terungkap saat Wali Kota Binjai HM Idaham SH MSi menerima audiensi Darmawan dari Kelompok Harapan Tani didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Binjai, Agustawan Karnajaya di Balaikota, Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (01/07/2020). “Penanaman bawang ini menggunakan pupuk organik yang kami olah sendiri,“kata Darmawan.

Wali Kota HM Idaham mengapresiasi Darmawan dan Kelompok Harapan Tani sembari berharap keberhasilan ini bisa ditularkan kepada kelompok tani lainnya, dengan mengajak mereka ikut melakukan budidaya pertanian berbasis organik yang ramah lingkungan.

Hal penting lainnya yang tidak boleh dilupakan, kata Idaham, para petani juga harus berinovasi untuk bisa memberi nilai tambah bagi komoditas pertanian yang dihasilkan.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengolah bawang merah menjadi bawang goreng. “Pengolahan bawang merah menjadi bawang goreng ini sangat gampang dan mudah untuk dipasarkan,” kata Idaham.

Kepala Dinas pertanian dan Ketahanan Pangan Agustawan Karnajaya mengatakan, tanaman bawang merah yang biasanya hanya tumbuh di daerah lembab dan berudara dingin ternyata bisa dibudidayakan di daerah dataran rendah berhawa panas.

Seperti di lahan pertanian yang ada di Kota Binjai. Keunggulan lainnya, bawang yang dihasilkan adalah bawang merah berbasis organik yang ukurannya lebih besar dan lebih bagus dibanding bawang merah yang dihasilkan di daerah lain.(DED)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com