Log in
Wakapolda-SUMUT-v2.jpg

Musim Mas Pamerkan Produk Ekspor Pertanian

Pierre Tagor S saat menjaga stan PT Musim Mas di KIM 4 pada pelepasan ekspor 28 komoditas pertanian Sumut oleh Mentan. Pierre Tagor S saat menjaga stan PT Musim Mas di KIM 4 pada pelepasan ekspor 28 komoditas pertanian Sumut oleh Mentan.

Medan-andalas PT Musim Mas, salah satu produsen minyak kelapa sawit dan turunannya terbesar di dunia memamerkan produk-produk unggulannya saat pelepasan ekspor 28 komoditas hasil pertanian Sumatera Utara (Sumut) oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo di Kawasan Industri Medan (KIM) IV, Kamis (20/2).

"Kami adalah perusahaan pertama yang menerima sertifikasi untuk P&C 2018 Roundtable on Sustainable Palm Oil atau RSPO perusahaan kelapa sawit pertama di
Asia Tenggara yang diakui sebagai anggota Palm Oil Innovation Group atau POIG," kata Staf PT Musim Mas Pierre Tagor S.

Menurutnya, POIG mendukung RSPO dalam membangun standar dan komitmen mereka. Hingga saat ini Musim Mas adalah perusahaan kelapa sawit Asia Tenggara pertama dan satu-satunya yang diverifikasi oleh POIG.

Sebagai perusahaan kelapa sawit yang mematuhi standar yang tinggi, Musim Mas sadar dan berkomitmen terhadap kebijakan NDPE (No Deforestation, No Peat and No Exploitation).

Musim Mas juga telah memecahkan kode untuk mengidentifikasi area berisiko tinggi lebih cepat untuk memahami di mana dan bagaimana petani menghasilkan buah dan apakah buah yang dihasilkan sudah sesuai dengan kebijakan keberlanjutan.

Tahun ini, sebanyak 705 petani kelapa sawit independen dari program petani kecil telah menjadi anggota International Finance Corporation (IFC), anggota Bank Dunia, menerima sertifikat RSPO.

"Program petani kelapa sawit Musim Mas adalah yang terbesar dari skalanya di Indonesia meskipun penerapannya hanya di empat pabrik kami," ungkapnya. Musim Mas telah melibatkan lebih dari 23.438 petani swadaya di tujuh pabrik miliknya dan dua pabrik pemasok di Indonesia. Jumlah petani kelapa sawit yang terlibat dan memeroleh sertifikasi RSPO meningkat seiring meningkatnya program petani kecil ke lebih banyak pemasok dan pabrik Musim Mas melalui proyek landskap petani kelapa sawit dengan pemerintah kabupaten.

Musim Mas terlibat dalam beberapa proyek landskap karena percaya bahwa kolaborasi adalah kunci untuk meningkatkan upaya keberlanjutan perusahaan. Musim Mas telah mengekspor produknya ke Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Jerman, Spanyol, Italia, Cina, India, Vietnam, Malaysia, Indonesia, dan Singapura. Diantara produk Musim Mas adalah minyak makan dan sabun. Musim Mas juga menjadi  salah satu perusahaan pengolahan minyak kelapa sawit terbesar dan pabrik oleokimia. (DP)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C