Log in

Kilang Minyak di Batu Bara akan Serap 25.000 Pekerja

Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP didampingi Kapolre Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis menggunting pita menandai diresmikannya gedung baru Puskesmas Labuhan Ruku, Talawi, Jumat (27/1). Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP didampingi Kapolre Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis menggunting pita menandai diresmikannya gedung baru Puskesmas Labuhan Ruku, Talawi, Jumat (27/1).

Lima Puluh-andalas  Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP mengungkapkan kilang minyak terbesar di Indonesia akan dibangun di Kabupaten Batu Bara. Pabrik petrokimia juga akan dibangun di wilayahnya.

Rencana besar itu diketahui usai pihaknya mengikuti rapat dengan Menteri Perhubungan dan Dirut Pertamina baru-baru ini.  Proyek besar itu nantinya akan menyerap tenaga kerja sebanyak 25.000 orang.

Hal itu disampaikan Zahir dalam arahannya saat meresmikan pemakaian gedung baru Puskesmas Labuhan Ruku, Talawi, yang dilengkapi ruang rawat inap, Jumat (17/1).

“Kita harus bergerak cepat. Februari sudah ditetapkan lokasi kilang minyak dan petrokimia. Bulan Maret dan April, kilang minyak akan dimulai pembangunannya. Lalu pada bulan Juni direncanakan akan mulai rekrutmen tenaga operator untuk kilang minyak," ungkapnya

Menurutnya, kilang minyak yang akan dibangun di Batu Bara akan menjadi kilang minyak terbesar di Indonesia bahkan akan mengalahkan Cepu dan Bontang. Kilang minyak dan petrokimia sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan BBM dan gas yang sangat besar di pelabuhan Kuala Tanjung dan PT Pelindo I.

Sebagamana diketahui, kilang minyak dan petrokimia kelak akan mempekerjakan 25.000 tenaga kerja yang diprioritaskan bagi putra daerah Batu Bara. Di sana putra-putra daerah akan dididik menjadi pekerja profesional.

Tim Pelindo I bersama tim dari Pemkab Kabupaten Batu Bara telah bekerja di lapangan dan sedang melakukan sosialisasi serta pendataan di empat desa yaitu Kuala Tanjung, Kuala Indah, Gambus Laut, dan Suka Ramai.

“Mudah-mudahan kita akan memulai proyek Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) dengan luas lahan 70 hektare dari 1.000 hektare yang dibutuhkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Zahir mengajak masyarakat untuk bergabung dengan KSJ untuk menjadi relawan dan menggiatkan sedekah. Ia juga berharap dengan diresmikannya gedung baru  Puskesmas Labuhan Ruku dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Peresmian gedung baru  Puskesmas Labuhan Ruku  dengab pengukuhan 100 relawan KSJ Batu Bara. (SUSI)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C