Logo
Print this page

Ekonomi Lesu, Pemkab Karo Diminta Berdayakan UMKM Lokal

  Pembeli terlihat sepi di Pasar Buah kota wisata Berastagi, walau pengunjung mulai ramai, namun daya beli masyarakat disebut jauh menurun.(andalas/robert tarigan) Pembeli terlihat sepi di Pasar Buah kota wisata Berastagi, walau pengunjung mulai ramai, namun daya beli masyarakat disebut jauh menurun.(andalas/robert tarigan)

Kabanjahe-andalas Pemerintah Kabupaten Karo maupun GTPP Covid-19 diminta berdayakan Usaha Kecil Menengah dan Industri Kecil Menengah untuk memproduksi produk-produk penting yang dibutuhkan di masa pendemi Covid 19.

Pandemi coronavirus disease (Covid-19) tak hanya memberi dampak buruk pada ekonomi, tapi juga pada tertundanya kegiatan fisik pembangunan infrastruktur yang justru diharapkan dapat menjadi stimulus perekonomian masyarakat pada tahun 2020 dan kemungkinan dilanjutkan di tahun 2021.

Tentunya, hal itu berdampak terhadap lesunya perekonomian daerah diperparah lagi dampak buruk pandemi Covid-19. Hal itu diungkapkan anggota DPRD Karo Firman Firdaus Sitepu SH menjawab andalas, Sabtu petang (11/07/2020) terkait pemberdayaan pelaku usaha lokal masa pandemi Covid-19 untuk mendorong sektor ekonomi.

Dikatakannya, banyak wirausaha baru UMKM dan IKM yang berpotensi tumbuh di masa pendemi Covid ini, namun tinggal lagi pemerintah harus hadir mulai dari mendampingi, memberikan peralatan/mesin hingga bahan baku. "Pemerintah bisa saja libatkan civil society dan kampus untuk pendampingan dalam rangka menumbuhkan wirausaha baru (WUB) UMKM dan IKM lokal yang produktif di masa covid ini,"kata politisi Partai Golkar itu.

Dia mencontohkan, untuk produk masker, hand sanitizer, washtafle, disinfektan spray dan lain-lain sangat layak dan memungkinkan diproduksi oleh IKM atau UMKM lokal sehingga mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat lokal. "Untuk itu, OPD Kabupaten Karo maupun Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 diharapkan bisa memaksimalkan hal itu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi," sebutnya.

Katakan saja untuk memproduksi masker, pemerintah tinggal bantu bahan baku yang standar, produktivitasnya sampai 5 kali lipat. Kemudian WUB IKM atau UMKM lokal yang memproduksi, lalu pemerintah menampung kembali dengan harga yang wajar. “Begitupun dengan produk lainnya seperti washtafle, hand sanitizer, disinfektan dan lain-lain,” tambahnya.

Pun begitu, di tengah wabah Covid-19 ini, pelaku-pelaku usaha lokal dituntut kreatif dengan melakukan pemasaran online, memaksimalkan teknologi merupakan salah satu strategi untuk tetap bertahan bagi UMKM. "Di sisi lain, pemerintah juga harus agresif mengampanyekan beli produk lokal,"kata Firman.

Dia juga meminta pemerintah mensupport UMKM dan IKM Kabupaten Karo yang saat ini terdampak covid-19. Pemerintah harus hadir, bukan hanya bicara stimulus tapi bagaimana produk UMKM dan IKM itu dapat dipasarkan sesuai dengan kondisi real saat ini, apakah itu dengan menyediakan fasilitas pemasaran daring berbasis lokal dan sebagainya.

"Kita berharap pemerintah punya kepekaan dan inisiatif di tengah pendemi covid-19 ini, bukan justru menyetor untung bagi kontraktor besar penyedia alat-alat kesehatan dari luar daerah semata,” imbuh Firman Firdaus Sitepu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karo, Ir Nasib Sianturi MSi menyatakan, kegiatan fisik untuk kebutuhan infrastruktur di Kabupaten Karo dipastikan akan mengalami kendala berupa penundaan maupun tersendat dalam proses lelang.

Padahal, kegiatan itu telah dianggarkan di APBD 2020. Akibat dana refocusing penanganan Covid-19, proyek fisik yang tertunda kemungkinan akan dilanjutkan di tahun 2021. Menyinggung pemberdayaan UMKM dan IKM Kabupaten Karo masa pandemi ini, Nasib Sianturi mengaku sependapat. “Ya, haruslah, namun teknisnya di OPD terkait,” ujarnya. (RTA)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com