Log in

Penyebaran Corona di Indonesia Meluas : 514 Positif, 48 Meninggal


Jakarta-andalas Jumlah pasien virus corona atau Covid-19 hingga hari Minggu (22/3) kembali bertambah menjadi 514 orang. Ini seiring adanya rilis data baru pemerintah yang berisi tambahan 64 orang positif terinfeksi corona.

Juru bicara penanganan nasional virus corona Achmad Yurianto mengatakan, ada pula tambahan 10 pasien meninggal dunia sehingga total 48 orang menjadi korban virus ini. Sedangkan jumlah pasien positif corona yang sembuh bertambah 9 orang. “Ada juga penambahan jumlah pasien sembuh yakni 9 orang sehingga total 29 boleh pulang,” kata Yurianto di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Minggu (22/3).

Provinsi DKI Jakarta masih menjadi penyumbang pasien corona terbanyak dengan jumlah 307 pasien. Di bawahnya ada Jawa Barat dengan jumlah 59 pasien dan Banten sebanyak 47 pasien.

“Kami sudah berikan distribusinya ke dinas kesehatan masing-masing untuk perawatan di rumah sakit dan contact tracing,” ujar Yurianto.

Dia juga kembali mengingatkan masyarakat untuk menjalankan pembatasan sosial dan menjaga kondisi badannya dengan baik.

Selain itu pemerintah juga telah menyiapkan tes massal dan obat-obatan untuk menangkal virus corona.

“Harapannya kita bisa saling mengingatkan karena sudah ada pelajaran di kasus-kasus ini,” katanya.

Persentase tingkat kematian atau case fatality rate (CFR) dihitung dengan cara membagi angka kematian dengan angka kasus yang terkonfirmasi sebagai positif Corona dikalikan 100.

Berdasarkan hitungan tersebut, tingkat kematian (case fatality rate) Corona 9,3 persen. Tingkat kematian ini meningkat dari Sabtu (121/3), yakni sebesar 8,4 persen.

Tingkat kematian Indonesia ini di atas rata-rata dunia. Data Coronavirus Research Center Johns Hopkins University, per pukul 16.00 waktu setempat, Minggu (22/3) menunjukkan total kasus 307.297 dan kematian 13.049. Jadi tingkat kematian Corona di dunia sebesar 4,2 persen.

4 WNI di Singapura
Sementara itu, KBRI Singapura menyampaikan pengumuman Kementerian Kesehatan Singapura tentang adanya empat warga negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif corona. Empat pasien ini disebut pasien kasus nomor 392, 402, 403, dan 415.

"Pada 21 Maret 2020, Kementerian Kesehatan Singapura mengumumkan empat WNI sebagai kasus positif COVID-19 di Singapura, yaitu 392, 402, 403, dan 415," demikian keterangan tertulis Kedutaan Besar RI Singapura pada Minggu (22/3).

Adapun rincian empat WNI positif Corona di Singapura adalah sebagai berikut:
1. Kasus 392 merupakan WNI berstatus permanent resident Singapura berusia 54 tahun, berjenis kelamin laki-laki, yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia. Saat ini dirawat di NCID.
2. Kasus 402 merupakan WNI berusia 22 tahun, berjenis kelamin perempuan, yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia. Saat ini dirawat di Mount Elizabeth Novena Hospital (MENH).
3. Kasus 403 merupakan WNI berusia 77 tahun, berjenis kelamin laki-laki, pemegang long term pass, yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia. Saat ini dirawat di Mount Elizabeth Hospital.
4. Kasus 415 merupakan WNI berusia 64 tahun, berjenis kelamin perempuan, yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia dan merupakan anggota keluarga kasus 212. Saat ini dirawat di NCID.

Dengan ini, total sudah ada 19 kasus WNI yang telah dikonfirmasi positif COVID-19 di Singapura. Dari 19 WNI, satu orang dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan, satu orang meninggal dunia dan 17 orang masih dirawat di rumah sakit.

"Dari 17 orang tersebut, sebanyak 15 orang dalam keadaan stabil dan 2 orang berada di ICU. KBRI akan terus melakukan pemantauan secara dekat dan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berwenang terkait penanganan WNI tersebut," jelas KBRI Singapura.

KBRI Singapura juga mengingatkan kepada seluruh WNI yang di Singapura maupun yang berencana mengunjungi Singapura mengenai status DORSCON Orange yang masih berlaku di Singapura.

"Sehingga kewaspadaan yang tinggi masih tetap diperlukan, khususnya apabila menghadiri kegiatan yang melibatkan banyak peserta dan berkunjung ke tempat umum. Diharapkan seluruh WNI dapat mengikuti aturan dan imbauan dari pemerintah setempat dalam penanganan COVID-19," ujar KBRI Singapura. (KTC/DTC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C