Logo
Print this page

Bupati Kutai Timur dan Istri Ditangkap KPK


Jakarta-andalas Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (2/7/2020) malam, ternyata turut menangkap istri Bupati Kutai Timur Ismunandar, Encek UR Firgasih, yang notabene juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kutai Timur.

"Semalam kami amankan sang bupati beserta istrinya," kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango kepada wartawan, Jumat (3/7). Selain menangkap Encek, Nawawi menyebut tim penindakan KPK juga mengamankan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur, Edward Azran. Tim lembaga antirasuah menangkap mereka berdua bersama Ismunandar di sebuah hotel di DKI Jakarta.

Nawawi mengatakan dalam OTT Ismunandar, pihaknya juga mengamankan sejumlah uang. Namun, ia belum mau membeberkan jumlah uang dalam operasi senyap terhadap pasangan suami istri yang menjadi penguasa di Kutai Timur itu. "Belum terkonfirmasi jumlahya, yang pasti sejumlah uang dan beberapa buku rekening bank," ujarnya.

Saat ini, Ismunandar, Encek, dan sejumlah pihak yang tertangkap telah berada di Gedung KPK. Mereka langsung menjalani pemeriksaan intensif. Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan OTT terhadap Ismunandar ini terkait pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Kutai Timur. Firli meminta semua pihak menunggu hasil pemeriksaan pihaknya.

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum Ismunandar beserta Istri dan para pihak yang turut diamankan. OTT kali ini menambah daftar pasangan suami istri yang ikut ditangkap KPK. Ismunandar merupakan politikus Partai NasDem, sementara sang istri politikus PPP.

Karier

Ismunandar bukan orang baru dalam pemerintahan. Ia lahir di Samarinda, Kalimantan Timur, 7 Agustus 1960. Kemudian, dilantik sebagai Bupati pada Februari 2016 untuk periode jabatan 2016-2021.

Pria yang akrab disapa Ismu ini memiliki karier dan pengalaman birokrasi relatif cukup cemerlang. Beragam jabatan penting di pemerintahan pernah diembannya. Begitu juga dalam dunia organisasi.

Dalam dunia akademik, suami pimpinan DPRD Kutai Timur Encek U.R Firgasih itu menamatkan pendidikan di sejumlah perguruan tinggi terkemuka, di antaranya Universitas Merdeka Malang (Jurusan Teknik Sipil), tahun 1986, Spesialis-1 Internasional Institute Belanda Foraespace End Scinces The Nederland (Jurusan Geographic Lanscape) tahun 1988, dan S2-Universitas Gajah mada Yogyakarta (Jurusan Perencanaan Kota dan Daerah) 1999.

Berikut perjalanan Ismunandar: Kepala Seksi Pengujian di Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Timur, tahun 1999. Kasi Perencanaan dan Program di Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kaltim, pada 12 Februari 2001. Kabag TU Dinas Pekerjaan Umum Pemkot Bontang, pada 16 Agustus 2001

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemkot Bontang, pada 4 Desember 2001. Asisten Administrasi dan Pembangunan Pemkot Bontang, pada 30 Juni 2002. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, pada 24 Desember 2003. Asisten Ekonomi Pembangunan Pemkab Kutai Timur, pada 23 Mei 2006. Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Timur, pada 5 Maret 2010-2015. Bupati Kutai Timur periode 2016-2021.(bbs/uj)

 

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com