Log in

Tujuh Pejabat PDAM Tirtanadi Diperiksa

Kantor Pusat PDAM Tirtanadi di Jalan SM Raja, Medan. Kantor Pusat PDAM Tirtanadi di Jalan SM Raja, Medan.

Medan-andalas Penyidik Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut sudah memeriksa tujuh pejabat PDAM Tirtanadi terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan mobil rental yang digunakan untuk operasional perusahaan pelat merah tersebut.

“Hingga saat ini, sudah tujuh pejabat di PDAM Tirtanadi Sumut yang diperiksa dengan status saksi. Pemeriksaan saksi lainnya akan dilakukan termasuk Dirut [Direktur Utama] Sutedi Suharjo,” kata Direktur Reskrimsus Poldasu, Kombes Pol Rony Samtana melalui Kasubbid Penmas AKBP MP Nainggolan, Rabu (20/3).

Adapun ketujuh pejabat itu, jelas Nainggolan, adalah Kepala Divisi (Kadiv) Umum selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Dr Hj Feby Milanie ST MM, Syaiful Bahri Nasution SE selaku Kepala Divisi Keuangan, Syahrial ST selaku Kepala Divisi Perencana.

Kemudian, Anton Simatupang selaku Kabid Pengawasan, Halimatussadiah selaku Ketua Unit Layanan Pengadaan, Akhmad Samari ST sebagai Kepala Unit Bengkel, dan Reiza Fairuz selaku Kepala Divisi Rental PT Adi Sarana.

Kata Nainggolan, kasus ini masih dalam tahap penyelidikan. Penyidik masih melakukan pemanggilan terhadap saksi-saksi, termasuk dari perusahaan penyedia mobil rental. “Kasusnya masih tahap penyelidikan, belum ditingkatkan ke tahap penyidikan,” pungkasnya. Menanggapi dugaan korupsi di PDAM Tirtanadi, praktisi hukum, Zulheri Sinaga meminta Polda Sumut serius melakukan penyelidikan untuk mengusut sampai tuntas.

Perusahaan penyedia air minum itu, menurut Zulheri “gudang” dugaan tindak pidana korupsi, yang harus diusut tuntas.  “Kasus ini sebenarnya menjadi pintu masuk penyidik Poldasu untuk menyelidiki kasus-kasus dugaan korupsi di PDAM Tirtanadi. Bila Poldasu serius, tidak menjadi sulit. Sebaliknya, jika tidak mampu, segera angkat ‘bendera’, agar kasus itu diambilalih KPK yang lebih berkompeten,” sebut Zulheri.

Informasi diperoleh, proyek pengadaan kendaraan untuk operasional perusahaan PDAM Tirtanadi dinilai janggal karena dalam proses tender diduga sarat  permainan. Bahkan, disebut-sebut dimonopoli salah satu perusahaan yang diduga atas  petunjuk petinggi PDAM Tirtanadi. Dalam proyek pengadaan mobil rental puluhan unit itu diduga terjadi mark up harga sehingga berpotensi merugikan keuangan perusahaan BUMD milik Pemprov Sumut tersebut. (DA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C