Log in

Sungai di Binjai Meluap, Dua Kecamatan Terendam

 Personel Brimob Polda Sumut mengevakuasi warga korban banjir, Rabu (30/9) Personel Brimob Polda Sumut mengevakuasi warga korban banjir, Rabu (30/9)

Medan-andalas Hujan deras yang mengguyur Provinsi Sumatera Utara, termasuk Kota Binjai dan sekitarnya pada Selasa (29/9/2020) malam, membuat Sungai Bangkatan dan Mencirim meluap.

Akibatnya, ratusan rumah penduduk di Kecamatan Binjai Selatan dan Binjai Kota terendam banjir mencapai setinggi dada orang dewasa. Personel Satuan Brimob Polda Sumatera Utara turun memberikan bantuan.

Berdasarkan data Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai, sebanyak 846 KK atau 3.456 jiwa dari tujuh kelurahan di dua kecamatan tersebut terdampak banjir.

Di Kecamatan Binjai Selatan, masing-masing Kelurahan Rambung Barat sebanyak 200 KK, Kelurahan Rambung Timur 54 KK, Kelurahan Rambung Dalam 10 KK dan Kelurahan Binjai Estate 30 KK.

Kemudian di Kecamatan Binjai Kota, untuk di Kelurahan Setia terdapat 500 KK, Kelurahan Kartini 50 KK dan Kelurahan Satria sebanyak 3 KK. Bencana itu menarik perhatian personel Brimob dari Kompi 4 Batalyon A Pelopor, membantu warga dalam penanganan banjir ini.

Danyon A Sat Brimob Polda Sumut Kompol Berhard L Malau mengatakan, dalam proses penanganan banjir ini, sebanyak 11 personel dikerahkan membantu mengevakuasi warga di Gang Damai, Gang Awaludin dan Gang Melati yang merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Bangkatan di Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota.

Selain mengevakuasi warga, personel juga membantu mengevakuasi kendaraan roda 2 dan barang elektronik milik warga, serta turut membersihkan rumah warga yang terdampak banjir ini. "Langkah ini kita lakukan sebagai wujud bakti Brimob untuk masyarakat," sebutnya. (DA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C