Log in

Satu PDP Kabur dari RSU Kabanjahe, 66 Terkonfirmasi Positif

 Grafik kurva Covid-19 Kabupaten Karo per 2 Agustus 2020 Grafik kurva Covid-19 Kabupaten Karo per 2 Agustus 2020

Kabanjahe-andalas Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berinisial UMB, dikabarkan melarikan diri dari RSUD Kabanjahe, Kabupaten Karo, Minggu (02/08/2020).

Dirut RSUD Kabanjahe dr Arjuna Wijaya SpP kepada wartawan, Senin (03/08/2020) siang membenarkan peristiwa tersebut. PDP tersebut masuk ke RSUD Kabanjahe, Sabtu (01/08/2020). Menurut diagnosa dokter RSUD Kabanjahe, pasien mengidap penyakit usus turun (hernia) sehinga pasien dianjurkan untuk dioperasi.

Namun, sebelum dilakukan operasi, pasien melakukan rapid test, dan hasilnya pasien ternyata reaktif. Karena itu pasien tidak jadi dioperasi, dan dokter menganjurkan untuk dirujuk ke RSU Adam Malik.

Tempat rawat inap di RSU Adam Malik penuh, sehingga pasien terlebih dahulu diisolasi di RSUD Kabanjahe guna menunggu kepastian dari RS Adam Malik Medan. "Tetapi pada Minggu, pasien PDP tersebut melarikan diri dari RSU Kabanjahe tanpa sepengetahuan petugas medis,” ungkap Arjuna.

Menyinggung langkah-langkah telah dilakukan pihak RSUD terkait kaburnya pasien itu, Arjuna mengaku sejauh ini pihaknya telah melaporkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Karo, Camat Kabanjahe untuk dipantau keberadaan pasien yang kabur.

Terpisah, Lurah Kampung Dalam Kecamatan Kabanjahe, Denni Saragih, mengungkapkan bahwa pasien PDP berinisial UMB tersebut, berKTP di wilayahnya (Kelurahan Kampung Dalam-red).

“Sejak hari raya Idul Adha lalu, pasien PDP tersebut tidak lagi tinggal di Kelurahan Kampung. Dan kami pun sudah berusaha memantau, dan mencari keberadaan pasien PDP tersebut agar bisa kembali ke RSUD Kabanjahe," tuturnya.

Melonjak Tajam

Sementara anggota DPRD Karo, Firman Firdaus Sitepu SH kembali melontarkan sorotannya kepada Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karo. Selama ini, kami menilai kinerja pihak eksekutif masih tergolong lamban dan gerakannya terkesan sporadis dan sepotong-potong.

"Soal penanganan yang sepotong-potong, ia menilai Pemkab Karo dan Satgas Penanganan Covid-19 seharusnya tidak berfokus pada masalah di hulu saja. Melainkan masalah-masalah di hilir yang sampai saat ini dianggapnya kurang diperhatikan," sebut Firman Firdaus Sitepu.

Artinya, sambung Wakil Ketua Komisi C tersebut, peningkatan jumlah yang terpapar semakin meresahkan itu memberi pesan kepada kita semua, bahwa ini semakin berbahaya.

“Namun anehnya, banyak pihak-pihak justru mulai mengabaikan protokol kesehatan Covid-19. Ini harus disikapi dengan serius dan kerja keras oleh Pemkab Karo maupun Satgas Penanganan Covid-19,” tegas Firman sembari mendorong Tim Pendisiplinan bekerja lebih ekstra lagi.

Catatan Andalas

Berdasarkan catatan dan pantauan andalas dari grafik kurva Covid-19 Dinas Kominfo Kabupaten Karo, terpapar terkonfirmasi positif terus bertambah, dari sebelumnya 8 positif, seketika melonjak tajam menjadi 18, hanya selang beberapa hari saja, bertambah lagi, sehingga jumlahnya sudah mencapai 20 orang terkonfirmasi positif dalam bulan Juni.

Selanjutnya di Juli, naik lagi 22, 28, terus naik lagi ke 30, 33, 35 orang terkonfirmasi positif hanya dalam selang beberapa hari saja. Dua minggu belakangan menjelang penghujung bulan Juli, naik lagi secara signifikan dari 40, 42 45 hingga 62.

Baru 1 Agustus jumlah terkonfirmasi positif 64 orang (diberitakan andalas online), pada 2 Agustus malam, angka tersebut sudah naik lagi menjadi 66. Dari total jumlah terkonfirmasi positif 66, 6 meninggal dunia, dan 19 orang dinyatakan sembuh. Khusus positif, sembuh dan meninggal adalah jumlah kumulatif.

Diprediksi angka ini masih akan terus bertambah, bahkan melihat situasi lapangan yang terkesan longgar tanpa kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan, hingga akhir Agustus ini dikwatirkan akan mencapai angka 100 orang terkonfirmasi positif.

Dalam kondisi demikian, bila tidak ada langkah-langkah strategis, komprehensif dan konkret dari Pemkab maupun Satgas Covid dan di sisi lain masyarakat tidak disiplin menjalankan protokol Covid-19 maka diprediksi jumlah yang terinfeksi akan terus melonjak tajam. Nah, ini jangan sempat terjadi. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C