Log in

Sandi Nugroho Dimutasi ke Mabes Polri

Kombes Pol Sandi Nugroho Kombes Pol Sandi Nugroho

Kombes Dadang Hartanto Jadi Kapolrestabes Medan

Medan-andalas Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian menerbitkan telegram rahasia terkait mutasi sebanyak 162 perwira menengah di lingkungan Polri, termasuk di wilayah Sumatera Utara.

Dalam TR Kapolri bernomor ST/2745/XI/2017 tertanggal 16 November itu, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho termasuk dalam daftar pamen yang dimutasi.

Sandi yang menjabat Kapolrestabes Medan sejak November 2016 menggantikan Kombes Pol Mardiaz Khusin Dwihananto, selanjutnya mengemban tugas baru sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Mabes Polri sekaligus dalam rangka Sespimti TA 2018.

Posisi Sandi akan digantikan Kombes Pol Dadang Hartanto yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri. Artinya, antara Sandi Nugroho dan Dadang Hartanto bisa disebut tukar posisi.

Selain Sandi, dalam dalam daftar pamen yang dimutasi Kapolri kali ini juga ada nama AKBP Faisal Napitupulu, Kasubdit III/Jatanras Ditreskrimum Polda Sumut.

Pimpinan Tim Khusus Antibandit (Tekab) berjuluk "Tengkorak Mata Merah" ini dikenal sebagai pamen yang banyak menerima penghargaan Kapolri atas pengungkapan sejumlah kasus menonjol di Sumut. Diantaranya kasus pembunuhan sadis satu keluarga di Mabar, Medan Deli, yang dilakukan Andi Lala Cs dan sejumlah kasus pembegalan yang menewaskan korban.

Perwira terbaik Polda Sumut ini diberi amanah mengemban jabatan baru sebagai Kapolres Nias Selatan. Setidaknya, paling lambat dua pekan ke depan sesuai TR yang dikeluarkan Kapolri ST/XI/2017 per tanggal 16 November.

"Tidak apa, yang penting pertanggungjawaban kita sama pimpinan, masyarakat dan Tuhan," ujar Faisal saat ditanya komentarnya, Jumat (17/11).

Dia mengaku jabatan yang diberikan kepadanya akan diemban sebaik mungkin sebagai amanah dalam jabatan. "Tetap semangatlah. Namanya juga Tekab," terang mantan Kasat Intel Polrestabes Medan dan mantan Kapolsek Medan Sunggal ini.

Selain Faisal, nama pamen Polda Sumut lainnya seperti Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Sumut AKBP Hilman Wijaya juga dipromosikan menjabat Kapolres Padangsidimpuan. Selama dua tahun lebih mengabdi di Subdit III/Jatanras Ditreskrimum Polda Sumut, Faisal sukses mengungkap berbagai kasus yang mencolok.

Kapolri juga memutasi dua kepala satuan di Polrestabes Medan. Kasat Reskrim AKBP Febriansyah dimutasi sebagai Pamen Polda Metro Jaya, sedangkan Kasat Narkoba AKBP Ganda Saragih dimutasi sebagai Kapolres Pakpak Bharat.

Kapolres Binjai AKBP M Rendra Salipu ditarik ke Polda Sumut sebagai Pamen. Posisinya digantikan AKBP Donald P Simanjuntak yang selama ini menjabat Kapolres Samosir. Selanjutnya, Kapolres Samosir yang baru dijabat oleh AKBP Agus Darojat.  Kapolri melalui TR-nya bernomor ST/2750/XI/2017 tertanggal 16 November 2017 juga memutasi sejumlah perwira tingi.

Irjen Iza Fadri yang sebelumnya menjabat Koorsahli Kapolri dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang NCB Interpol Indonesia Divhubinter Polri. Mutasi Irjen Iza dilakukan dalam rangka persiapan sebagai duta besar. Posisi Iza sebagai Koorsahli Kapolri akan diisi oleh Irjen Muktiono, yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Selatan.

Irjen Umar Septono yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorsabhara Baharkam Polri diangkat menjadi Kapolda Sulawesi Selatan, menggantikan Muktiono.

Sementara, posisi Umar Septono akan diisi oleh Irjen Sudjarno yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. Adapun, posisi Irjen Sudjarno akan diisi oleh Brigjen Sistersins Mamadoa yang sebelumnya menjabat Kapuslitbang Polri.

Kemudian Brigjen Rikwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Karo Penmas Divhumas Polri diangkat sebagai Karo Multimedia Divhumas Polri. Posisi Rikwanto digantikan oleh Kombes Muhammad Iqbal, yang sebelumnya menjabat Kapolrestabes Surabaya Polda Jawa Timur.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan, mutasi jabatan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi. "Selain sebagai pembinaan karir, tour of duty dan tour of area," kata Martinus dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Jumat (17/11). (ACO/MTC/KPC)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 8.05 km/h

  • 20 Nov 2018 27°C 22°C
  • 21 Nov 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px