Log in

Ratusan Massa BUMARA Gelar Demo di Kuala Tanjung

  Massa BUMARA yang berunjuk rasa mendapat pengamanan dari personel Polres Batu Bara dan TNI. (andalas/sutan sitompul) Massa BUMARA yang berunjuk rasa mendapat pengamanan dari personel Polres Batu Bara dan TNI. (andalas/sutan sitompul)

Batu Bara-andalas Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Buruh Masyarakat Batubara (BUMARA) menggelar demo di Simpang Tiga Pelabuhan Kuala Tanjung dan Kantor Dinas Ketenagakerjaan Desa Kuala Tanjung, Kecamatan Sei Suka Batubara, Rabu (8/07/2020).

Kehadiran massa dalam aksinya menggunakan mobil komando, pengeras suara, membentangkan spanduk, bendera serta poster berisi tuntutan mereka. Bertindak sebagai Koordinator Lapangan dalam aksi massa ini adalah M Yusri.

Massa secara bergantian menyampaikan aspirasinya dan mendapat pengamanan Polres Batubara dan TNI. Dalam orasinya masa menyampaikan sejumlah tuntutan. Di antaranya mendesak PT DMK agar membayarkan hak normatif para buruh yang sudah puluhan tahun bekerja serta membayarkan pesangon para buruh yang telah di PHK.
Mendesak perusahaan diberi kerja atau kontraktor PT Inalum tidak melakukan pemecatan secara sepihak serta menolak upah di bawah upah minimum kabupaten (UMK). Mendesak PT Inalum memerintahkan seluruh perusahaan yang diberi kerja dengan segera melaksanakan Permenaker No 19 Tahun 2012.

Mendesak PT Inalum untuk memrioritaskan putra daerah khususnya putra dan putri Kabupaten Batu Bara dalam perekrutan tenaga kerja. Mendesak Disnaker Kabupaten Batu Bara supaya menjalankan tupoksinya dalam hal pengawasan ketenagakerjaan.

Mendesak Koperasi Karyawan Inalum (KOKALUM) tidak penyalurkan tenaga kerja di perusahaan PT Inalum. Mendesak PT Inalum untuk mengahapuskan sistem outsorcing di lingkup PT Inalum serta mengangkat pekerja kontraktur menjadi karyawan Pt Inalum. Selama unjuk rasa berangsung hingga massa membubarkan diri situasi aman dan tertib.(SUSI)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C