Log in

Ramayana Plaza Teladan Meledak, 3 Terluka

Kondisi toko di Ramayana Plaza, Jalan SM Raja, hancur setelah terjadi ledakan, Rabu (25/3) siang. Kondisi toko di Ramayana Plaza, Jalan SM Raja, hancur setelah terjadi ledakan, Rabu (25/3) siang.

Medan-andalas Sebuah ledakan terjadi di Ramayana Plaza Jalan SM Raja, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Rabu (25/3) siang. Informasi diperoleh menyebutkan, ledakan ini diduga berasal dari tabung gas yang berada pada Fountain Kafe di plaza tersebut. Akibat kejadian tersebut, sebagian dari bangunan depan plaza tersebut porak-poranda. Tiga orang juga dikabarkan harus dilarikan ke rumah sakit karena terluka.

"Korban tiga orang berinisial FP, Y, dan C," kata Kapolrestabes Medan Kombes Pol. Jhonny Edison Isir di lokasi. Ketiga korban yang merupakan para pekerja di gedung tersebut sudah dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis. "Kondisi ketiga korban bersifat tidak fatal alias luka ringan. Pascaledakan langsung dibawa ke rumah sakit," ujarnya.

Sementara, berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa ledakan terjadi pada sekira pukul 11.45 WIB. Awalnya, aktivitas plaza yang masih berjalan seperti biasa, tiba-tiba meledak, terdengar hingga radius sekira 500 meter. Warga yang mendengar ledakan ini geger dan panik. Tak lama kemudian, petugas kepolisian termasuk dari tim gegana langsung turun ke lokasi melakukan penyelidikan.

Manager Pusdalops-PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Nurly menyebutkan, berdasarkan laporan yang didapat tim Pusdalops, ledakan yang terjadi diduga berasal dari tabung gas. Dampak ledakan ini membuat sebuah tempat makan Fountain Kafe di plaza ini rusak parah dengan persentase sekitar 60 persen. "Penyebab ledakan ini masih dalam tahap penyelidikan pihak yang berwajib," jelasnya.

Selain bangunan yang rusak, kata Nurly, terdapat 3 korban luka ringan. Tapi Nurly tidak merincikan, apakah ketiga korban tersebut berasal dari karyawan atau pengunjung. "Saat ini, mereka sudah mendapatkan penanganan dari tim medis," ujarnya. Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Medan Kota Iptu M Ainul Yaqin ketika dikonfirmasi menyatakan, pihaknya belum bisa memberikan keterangan. Sebab, masih dalam penyelidikan pihaknya.

"Belum bisa ngasi statemen. Karena masih proses penyelidikan," tandasnya. Sementara, pascaledakan di Ramayana Plaza Jalan SM Raja, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, pihak kepolisian langsung melakukan penyelidikan untuk memastikan sumber ledakan dan juga sterilisasi di tempat kejadian perkara (TKP).

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Edison Isir yang turun ke lokasi menyampaikan, penyelidikan ini langsung dilakukan tim Jibom Sat BrimobPolda Sumut. "Hasil pengecekan tim Jibom dinyatakan steril tidak ada residu-residu bahan peledak dan ada tercium gas. Sehingga kemudian dilakukan serah terima TKP untuk dilakukan langkah-langkah yang melibatkan tim Labfor dan tim Iden yang saat ini melakukan penelusuran penyelidikan lebih lanjut," kata Isir kepada wartawan.

Isir menjelaskan, peristiwa ledakan di kompleks pertokoan Ramayana ini terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Upaya-upaya yang dilakukan kepolisian sesuai prosedur tetap (protap) yang ada dengan melakukan pengamanan TKP. "Dari kejadian ledakan bertitik tumpu berdekatan stand dari Ricis dan Fountain.  Isir mengaku, pihaknya sudah meminta layout pengelolaan gas yang ada di gedung kepada pihak Ramayana.

"Karena dari hasil pengecekan yang sudah dilakukan, memang terlihat ada tabung gas yang sifatnya stand alone, sehingga berarti ada jaringan pipa yang masuk ke sentra dapur," katanya.

Pihak kepolisian, tambahnya, akan menutup sementara Plaza Ramayana itu. "Sampai dengan penyelidikan ini selesai akan ditutup sementara," kata Isir. Ditanya sampai kapan penutupan akan dilakukan, Kapolres mengatakan sampai dengan penyelidikan selesai. "Ini masih penyelidikan, akan ditutup dulu," ujarnya. (DA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C