Log in
BPKD_Pemkab_Aceh_Selatan.jpg

Ketua DPRD Iriani br Tarigan : Kabupaten Karo Harus Siap Menuju New Normal

  Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan saat turun ke tengah masyarakat memberikan bantuan sembako dan masker sekaligus sosialisasi Protokol Kesehatan. Andalas/Ist Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan saat turun ke tengah masyarakat memberikan bantuan sembako dan masker sekaligus sosialisasi Protokol Kesehatan. Andalas/Ist


Kabanjahe-andalas Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan menilai, Kabupaten Karo harus siap menuju fase baru yakni pemberlakuan new normal atau tatanan kehidupan baru ditengah pandemi covid-19.

Psikologis masyarakat penting dipertimbangkan, enggak bisa terus di rumah saja. Namun dengan catatan, harus menerapkan protokol kesehatan. Setuju dengan kebijakan pemerintah pusat yang telah merujuk pada aturan WHO. Makanya protokol kesehatan wajib diterapkan saat beraktivitas. Sifatnya wajib.

Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Karo, Iriani Br Tarigan, Senin (01/06/2020) di rumah dinas Ketua DPRD Jalan Kartini Kabanjahe, saat bincang-bincang dengan andalas, terkait fase baru menuju new normal di tengah Pandemi Covid-19. Iriani berpendapat, penyebaran virus covid-19 harus dilawan. "Namun, cara melawannya harus dengan benar, yakni sesuai dengan protokol kesehatan,"katanya.

Namun dia mengingatkan, menyambut new normal dengan kewaspadaan bukan dengan euforia. Jangan nanti masyarakat kita salah memahami, untuk itu edukasi dan sosialisasi harus betul-betul sampai ke masyarakat. “Esensi dalam menghadapi new normal itu adalah harus tetap produktif dengan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Jadi menyambut new normal ini dengan tetap waspada,” sebut Politisi PDIP itu.

New normal, tidak melarang dunia usaha, objek wisata dan lainnya, namun mewajibkan masker, jaga jarak, menjalankan pola hidup sehat. "Intinya, infrastruktur pendukung protokol kesehatan dalam fase new normal harus sudah siap dan dijalankan dengan ketat, bagi yang sakit karantina rumah sakit atau karantina rumah isolasi. Sesungguhnya itu adalah esensi dari new normal yang baru," tegasnya.

Aktivitas di semua lini kembali berjalan, namun harus dengan protokol kesehatan yang ketat serta melibatkan TNI/Polri. "Tanpa itu, percuma new normal, karena akan berubah menjadi new nestapa, maka sebelumnya, harus dengan kajian matang, Perbub-sebagai payung hukum aturan terkait harus disiapkan dengan kajian komprehensif. Apakah semua sektor sudah siap, dan saling mendukung," tegasnya.

Tanpa dukungan kuat dari semua lini dan sektor, new normal akan menjadi ke sia siaan. Karena, sesungguhnya new normal itu pendisplinan masyarakat, kebijakan dilakukan sebagai dampak pemberlakukan kebijakan sebelumnya, new normal standarnya pada norma.

Oleh karena itu, untuk memulai tatanan baru atau "New Normal" di masa pandemi Covid-19, Ketua DPRD Karo, Iriani Br Tarigan meminta kepada Bupati Karo beserta Tim Gugus Tugas Daerah untuk merencanakan new normal ini dengan sebaik-baiknya sejak sekarang. Bahkan perencanaan yang dimintanya secara matang tersebut harus dilakukan sesuai Protokol Kesehatan.

Tidak kalah penting, Saya minta untuk direncanakan dengan baik termasuk tempat-tempat beribadah, Bank, sekolah, pasar-pasar tradisional, objek wisata dan lainnya,"katanya. Perlu dipahami, sampai hari ini vaksin atau obat pandemi covid 19 belum ditemukan, maka semua kegiatan tersebut harus benar-benar diperhatikan soal protokol kesehatannya. Dalam hal ini, Dinas Pendidikan supaya bisa melakukan edukasi dalam menyambut new normal di bidang pendidikan, apalagi jelang tahuan ajaran baru.

Langkah tersebut supaya dilakukan dengan matang dan serius, mengingat jumlah sekolah di Kabupaten Karo mencapai ratusan dan siswanya ribuan. Melihat jumlah sekolah dan siswa sebanyak itu, sangat riskan adanya penularan virus corona sehingga pihak sekolah diminta tak mengabaikan soal protokoler kesehatan, kalau belum siap, jangan coba-coba masuk ke fase baru new normal. “Sekali lagi, Saya harapkan dan ingatkan OPD Pemkab Karo, agar betul-betul serius kerjanya, kekurangan sebelumnya agar menjadi bahan efaluasi menjadi lebih baik lagi,” imbuhnya. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C