Log in

Erupsi Keempat Dalam Sehari, Sinabung Luncurkan Awan Panas

 Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe terlihat memutih akibat terpapar debu vulkanik Sinabung.(andalas/robert tarigan) Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe terlihat memutih akibat terpapar debu vulkanik Sinabung.(andalas/robert tarigan)

Kabanjahe-andalas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, masih terus menunjukkan aktivitas vulkaniknya dan meluncurkan awan panas sejauh awan panas ke arah Tenggara 1500 meter dan ke Selatan 500 meter.

Pengamat Pos Pemantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra, menjelaskan Jumat (14/08/2020) pada Pukul 16:58 WIB, kembali terjadi erupsi, teramati tinggi kolom abu vulkanik ± 4.200 m di atas puncak (± 6.660 m di atas permukaan laut). Kolom abu vulkanik berwarna kelabu-coklat dengan intensitas tebal condong ke arah Timur.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi ± 9 menit 40 detik. Luncuran awan panas mengarah ke tenggara sekitar 1500 meter dan ke arah selatan sekitar 500 meter.

Rekomendasi, masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius 3 km dari puncak Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Selanjutnya, paling penting, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar, katanya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH didampingi Ketua DPRD Iriani Br Tarigan, usai mendengar pidato Presiden Jokowi di Gedung DPRD Karo kembali mengingatkan masyarakat, tidak memasuki zona-zona larangan kawasan Sinabung.

“Demi keselamatan, jangan masuk zona merah Sinabung, keselamatan diri dan keluarga paling utama,” pinta bupati sembari meminta Satgas Bencana Sinabung memperketat pengawasan pintu-pintu masuk kawasan zona merah.

Sementara Ketua DPRD Karo, Iriani Br Tarigan mengaku sore ini juga Fraksi PDI Perjuangan DPRD Karo langsung turun kelapangan membagikan masker pada masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Sinabung. “Apa yang bisa kita lakukan, kita (PDIP-red) lakukan, untuk meringankan beban masyarakat. Mari kita semua berempati dan bergotongroyong membantu saudara-saudara kita,” ucapnya.

Dikabarkan harianandalas.com setelah erupsi pada pukul Pukul 10:30 WIB, Sinabung tersebut, Gunung Sinabung mengalami beberapa erupsi susulan.Gunung Sinabung saat ini masih terus berpotensi terjadi awan panas dan guguran lava, serta erupsi.

“Hujan” abu vulkanik hari Jumat dari pagi hingga petang, setidaknya terjadi sekitar 4 kali. Jika selama ini kota Kabanjahe, luput dari tebaran vulkanik, kali ini Kabanjahe termasuk wilayah yang terkena dampak abu vulkanik dari erupsi tersebut. Jalan-jalan di kota Kabanjahe terpapar debu vulkanik cukup tebal. Status Gunung Sinabung masih siaga (level III). (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C