Log in

Dua Hari Satgas Kedisiplinan, Tertib Masker di Pusat Pasar Kabanjahe Mulai Terlihat

 Bupati Terkelin Brahmana bersama Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara, Kapolres AKBP Yustinus Setyo,  Kasat Pol PP Hendrik Philemon Tarigan kembali giat operasi penegakan disiplin protokol kesehatan.(andalas/Robert Tarigan) Bupati Terkelin Brahmana bersama Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara, Kapolres AKBP Yustinus Setyo, Kasat Pol PP Hendrik Philemon Tarigan kembali giat operasi penegakan disiplin protokol kesehatan.(andalas/Robert Tarigan)

Kabanjahe-andalas Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH menekankan, kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan perlu dibangun secara kreatif karena diyakini bisa menggerakkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Ditemui usai giat operasi penegakan disiplin protokol kesehatan untuk menekan penularan covid-19, Terkelin Brahmana mengatakan sebagian besar pengguna jalan sudah mulai tertib masker. Hal itu, membuktikan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan mulai meningkat.“Tadi, lebih banyak yang tertib masker. Hal ini tak lepas dari keberhasilan edukasi kami kepada masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19,"katanya.

Turut hadir bersama Bupati, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara SE, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Sik, Kasat Pol PP Hendrik Philemon Tarigan, ketika sidak (inspeksi mendadak) penertiban pendisplinan protokol kesehatan yang dilakukan oleh tim gabungan TNI /Polri, Satpol PP, Dishub dan Perindag Kabupaten Karo, Kamis (09/07/2020) di Pusat Pasar, Jalan Kapten Bangsi Sembiring, Kabanjahe.

Disiplin warga melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 ini harus terus dijaga. Agar Covid-19 bisa segera menurun, paling tidak angka terkonfirmasi positif tidak naik. "Tiga hal itu saja dulu. Cuci tangan, jaga jarak, dan pakai masker dijadikan kebiasaan baru warga," harap Bupati Karo.

Dia yakin sosialisasi oleh Satgas Penegak Pendisiplinan Kabupaten Karo dengan cara simpatik, humanis dan kreatif lebih manjur diterima masyarakat. Apalagi, jumlah kasus Covid-19 perlahan naik. Ini member pesan bahwa bahaya sudah ada di depan kita. Untuk membendungnya hanya melalui kedisiplinan mematuhi Protokol Covid-19, tegas Terkelin Brahmana.

Menurut dia, perekonomian bisa kembali bergerak bila seluruh masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Pemerintah Kabupaten Karo, kata Terkelin Brahmana berusaha menjaga ekonomi agar tidak terlalu merosot."Saya kembali mengajak agar seluruh masyarakat memiliki komitmen bekerja sama secara konsisten menjaga kesehatan agar ekonomi bisa bergerak dan pulih kembali,"katanya.

Bupati Karo mengaku pihaknya apreisasi kepada Satgas Penegak Pendisiplinan. Baru dua hari setelah diresmikan, terlihat ada perubahan, di pusat pasar Kabanjahe masyarakat semakin sadar mematuhi protokol kesehatan."Pedagang, pembeli dan masyarakat semakin banyak yang memakai masker, jauh beda ketika sebelumnya kita turun ke pusat pasar ini, sekarang pembeli dan pedagang di pasar ini terlihat kemajuan sangat signifikan,"sebutnya.

Sementara, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara, selaku Pengawas Satgas Penegak Pendisiplinan (Satgas Gakplin) protokol kesehatan Covid-19 mengatakan, semua tim bekerja serius dan focus selalu memberikan edukasi dan himbauan kepada masyarakat tanpa pernah mengenal bosan dan lelah."Nah hari ini terlihat kesadaran menggunakan masker semakin tinggi,"ujar Dandim tersenyum.

Pantauan di lapangan, pengunjung ke pusat pasar cukup ramai dan padat, karena para orang tua mulai membeli kebutuhan anak sekolah yang akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada tanggal 13 Juli 2020, namun tetap tertib mematuhi protokol kesehatan. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C