Log in

Rp 41 Miliar, Anggaran Penanganan Covid-19 di Gayo Lues

 Kepala BPBD Gayo Lues Suhaidi Kepala BPBD Gayo Lues Suhaidi

Blangkejeren-andalas Kebanyakan masyarakat Kabupaten Gayo Lues, belum mengetahui jumlah total anggaran dikeluarkan pemerintah daerah untuk penanganan Covid-19. Baik untuk penagangan kesehatan maupun pemulihan ekonomi masyarakat di tengah bencana nasional tersebut.

Berdasarkan data yang dirilis Koordinator Bidang Advokasi Kebijakan Publik Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) Hafidh, alokasi penanganan Covid-19 untuk Gayo Lues berjumlah Rp 17 miliar, dan yang sudah teralisasi Rp 11 miliar lebih atau 67,65 persen.

Menanggapi data itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Suhaidi juga Ketua Pelaksana Harian tim Gugus Kabupaten Gayo Lues, Kamis (24/9/2020) saat ditanyai melalui pesan WhatsApp apakah sudah sesuai data yang dirilis MaTA dengan realisasi anggaran di Gayo Lues. "Perasaanku lebih," katanya menjawab.

Untuk memastikan total anggaran penanganan Covid-19 itu, wartawan kembali menemui Suhaidi di Kantor Tim Gugus Balai Musara Blangkejeren. Di sana, ia merincikan total anggaran paska recofusing, baik yang sudah direalisasikan maupun belum.

"Setelah ada refocusing, anggaran Covid-19 Gayo Lues berjumlah Rp41 miliar, untuk penanganan kesehatan yang sudah terpakai Rp 16 miliar, dan anggaran yang sudah terpakai untuk pemberdayaan ekonomi atau pemulihan ekonomi berjumlah Rp 7 miliar," bebernya.

Jumlah realisasi itu, sebut Suhaidi, kemungkinan akan terus bertambah seiring berjalanya waktu. Apalagi kasus positif Swab di Negeri Seribu Bukit tersebut terus bertambah.

"Selain untuk membeli peralatan rapid tesd dan biaya penanganan pasien positif Covid-19 di Gedung BLK dan Rumah Sakit Muhammad Ali Kasim, tim juga terus melakukan sosialisasi," kata Suhaidi. (Nuar)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C