Log in

Pemkab Gayo Lues Gratiskan Rapid Test Covid-19

Azhar Azhar

Blangkejeren-andalas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gayo Lues tetap tidak memungut biaya Rapid Test Covid-19 atas permintaan masyarakat ataupun yang dianjurkan kepada Tim Gugus. Demikian disampaikan Kabid P2P Dinas Kesehatan Gayo Lues, Azhar, Jumat (10/7) di Balai Musara Blangkejeren.

Menurut Azhar, sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan pemerintah, biaya untuk Rapid Test paling tinggi mencapai Rp 150 ribu. Itupun berdasarkan permintaan sendiri dari masyarakat yang ingin mengetahui hasil rapid tesdnya.

"Di Gayo Lues, bagi warga yang ingin melakukan Rapid Test bisa langsung ke Rumah Sakit Muhammad Ali Kasim. Mau permintaan sendiri ataupun atas rekomendasi tim Gugus, semuanya tidak dipungut biaya alias gratis," katanya.

Hingga 1 Juli 2020, sebut Azhar, sudah 641 masyarakat Gayo Lues yang dilakukan Rapid Test. Tiga orang di antaranya reaktif dengan dua orang positif Covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh, dan satu orang yang reaktif tidak positif Covid-19.

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari tim Gugus Provinsi Aceh, sejauh ini keseluruhan di kasus positif Covid-19 di Aceh berjumlah 90 orang, 33 orang masih dalam perawatan, 54 orang sudah dinyatakan sembuh, dan tiga orang yang positif Covid-19 dinyatakan meninggal dunia," jelasnya.

Kabupaten Gayo Lues salah satu Kabupaten yang mendapat apresiasi atas kinerja penanganan dan Pencegahan Covid-19 dari Pemerintah Aceh."Selain telah menyediakan ruang isolasi, pencegahan dan penanganan di lapangan juga dianggap sudah sesuai prosedur,"kata Azhar.(Nuar)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C