Logo
Print this page

PBM Masa Pandemi Covid-19 di Aceh Selatan Dimulai 13 Juli

  Bupati Aceh Selatan Tgk Amran didampingi Kadis Pendidikan Erdiansyah saat menyaksikan simulasi PBM di ruang kelas      Bupati Aceh Selatan Tgk Amran didampingi Kadis Pendidikan Erdiansyah saat menyaksikan simulasi PBM di ruang kelas

Tapaktuan-andalas Proses Belajar Mengajar (PBM) tatap muka untuk tahun ajaran baru di Kabupaten Aceh Selatan dimulai 13 Juli 2020 mendatang, sesuai hasil rapat dengan para tim gugus tugas Covid-19 setempat.

Demikian diterangkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Selatan, Erdiansyah SPd usai mengikuti acara sosialisasi dan simulasi belajar mengajar tatap muka di masa new normal di SDN Ugggul Tapaktuan, Kamis (2/7/2020).

Menurutnya, dalam rapat dengan gugus tugas yang diikuti Kakanmenag Aceh Selatan, Kepala Dinas Cabang Pendidikan Aceh wilayah Aceh Selatan, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD, Ketua kelompok kerja kepala sekolah (MKKS) SMP dan Ketua Gugus TK, merekomendasikan PBM tatap muka awal tahun ajaran baru 13 Juli 2020.

“Selanjutnya sekolah bersama komite dalam proses belajar mengajar setiap sekolah siap mengadakan alat-alat kebutuhan protokol kesehatan,”katanya seraya menyambungkan teknisnya. Untuk jenjang pendidikan SMP terdiri dari 10 mata pelajaran per minggu. Hari Senin sampai dengan Kamis dua mata pelajaran per hari dan Jumat–Sabtu, satu mata pelajaran/ hari.

Alokasi waktu pembelajaran 40 menit/jam pelajaran, pada jenjang pendidikan SD mata pelajaran diseuaikan dengan ketentuan yang ada dengan alokasi waktu pembelajaran 35 menit/jam pelajaran, untuk pendidikan Paud waktu pembelajaran disesuaikan dengan kondisi peserta didik masing-masing sekolah.

PBM dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai selesai tanpa istirahat dan sebelum pengantian mata pelajaran pendidik harus sudah siap di depan kelas. Selain itu, sekolah yang memiliki lebih dari 18 siswa per rombel dibagi dua kelompok dengan belajar bergiliran. Kemudian, setiap titik lokasi dikoordinasi bersama masing-masing rayon dan wajib membuat susunan panitia pelaksana dan berkoordinasi dengan muspika setempat.

“Karenanya, sebelum dimulainya tahun ajaran baru terkait PBM di masa pandemi Covid-19 perlu dilaksanakan edukasi dan simulasi kepada satuan pendidikan jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan yang bekerjasama dengan tim gugus tugas pencegahan penyebaran Covid 19,”terang Erdiansyah.

Simulasi protokol kesehatan yang dimulai hari ini, akan dilaksanakan pada delapan titik. Untuk Rayon Tapaktuan Samadua berlangsung pada hari kamis Tanggal 2 Juli 2020, yaitu SD Negeri Unggul Tapaktuan sedangkan untuk tingkat SMP di Rayon Pasie Raja di SMPN 2 Pasie Raja.

Kemudian, rayon Labuhanhaji Raya, Senin (6/7/2020) di SMPN 1 Labuhanhaji dan Rayon Sawang/ Meukek di SDN Desa Lhok Aman Meukek pada hari yang sama. Selanjutnya, Rayon Kluet Selatan/ Kluet Timur di SDN Geulumbuk, sedangkan untuk tingkat SMP wilayah Kluet Utara dan Kluet Tengah di SDN 3 Kota Fajar pada Selasa (7/7/2020).

Hari terakhir, Rabu (8/7/2020) untuk rayon wilayah Bakongan, Bakotim, dan Kota Bahagia di SDN 2 Bakongan dan selanjutnya pada hari yang sama rayon wilayah Trumon Raya di SMPN 1 Trumon Timur. Simulasi meliputi tata laksana sejak diantar orang tua murid melalui tes pengukuran suhu, cuci tangan, kemudian langsung masuk ruangan dan duduk dengan jarak sekira 1-1,5 meter antar siswa dan cuci tangan lagi saat pulang.(HSP)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com