Log in

Hadapi Covid, Gayo Lues Terima Bantuan Rp 15 M dari Pemprov Aceh

Mukhtar Mukhtar

Blangkejeren-andalas Pemerintah Kabupaten Gayo Lues baru saja menerima bantuan anggaran dari Pemerintah Provinsi Aceh. Bantuan keuangan yang bersumber dari dana APBA itu berjumlah Rp 15 miliar untuk menghadapi dan menanggulanggi penyebaran Covid-19.

Kepala Badan Penggelola Keuangan Kabupaten (BPKK) Gayo Lues, Mukhtar, Selasa (22/9/2020) mengatakan, bantuan keuangan dari Pemerintah Aceh itu baru hitungan hari masuk ke Kas Daerah, dan hingga hari ini belum ada dicairkan oleh pelaksana kegiatan.

"Kegunaan uang ini untuk Covid-19, namun jika secara rinci kegunaanya untuk apa saja, saya pun tidak tahu, silahkan tanyakan ke yang bersangkutan, yang jelas anggaran bantuan keuangan untuk Covid sudah kita terima sebesar Rp 15 miliar," kata Mukhtar, yang saat ini sedang berada di Jakarta.

Sementara, Kepala BPBD Gayo Lues Suhaidi yang juga Ketua Pelaksana Harian tim Gugus mengatakan, anggaran dari Pemerintah Aceh itu belum ada yang digunakan. Posisi saat ini masih dalam proses dan berkoordinasi dengan Pemerintah Aceh seperti item pekerjaan yang boleh dikerjakan.

"Yang jelas kegunaannya untuk menghadapi bencana Covid, baik penanganan, pencegahan, maupun untuk meningkatkan prekonomian akibat Covid-19," katanya saat ini sedang berobat di Medan saat dihubunggi melalui sambungan WhatsApp.

Dijelaskan Suhaidi, anggaran Rp 15 miliar itu tidak ada satu aitempun di BPBD, tetapi anggaran itu dikelola oleh Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Muhammad Ali Kasim, Dinas Pertanian dan Dinas PUPR. Dan untuk mengerjakan item-item itu tidak ada yang melalui proses lelang, tetapi penunjukan langsung.

Dinas Kesehatan mungkin menggunakan sebagian anggaran untuk perlengkapan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai tempat isolasi pasien positif Covid-19. Kemudian, RS MAK untuk alat kesehatan dan lainnya. "Dinas Pertanian program membantu masyarakat bidang pertanian, dan Dinas PU untuk membuka jalan sebagai pendukung program pertanian," jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Gayo Lues, Purnama Abdi menyebutkan, dari total Rp 15 miliar bantuan Pemerintah Aceh untuk Gayo Lues, Dinas Kesehatan mendapat bantuan Rp3.250.000.000, semua itu akan diperuntuhkan untuk berbagai kegiatan di gedung BLK.

"Total kegiatan bantuan khusus untuk Dinkes sebanyak Rp 3.250.000.000, penggunaannya untuk kegiatan di gedung BLK, seperti rehab gedung, pengadaan perlengkapan ruangan, pengadaan alat rapid test dan swab, makan minum untuk petugas dan pasien OTG," katanya. (Nuar)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C