Log in

Dugaan Korupsi, Polisi Selidiki Program RTK Dinkes Gayo Lues

Kasat Reskrim Polres Gayo Lues Iptu Abdulah Hamid. Kasat Reskrim Polres Gayo Lues Iptu Abdulah Hamid.

Blangkejeren-andalas Aparat Kepolisian Resor (Polres) Gayo Lues membenarkan tengah menyelidiki dugaan korupsi anggaran pada program Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues.

Saat ini penanganan kasus itu baru tahap awal dalam pengumpulan dokumen yang diperlukan.

Kapolres Gayo Lues AKBP Rudi Setiawan melalui Kasat Reskrim Iptu Abdulah Hamid Selasa (24/3) di Blangkejeren mengatakan, pihaknya sudah pernah memanggil orang yang terkait dalam program RTK itu sebelum isu wabah virus corona merebak di Gayo Lues.

"Sudah ada kita panggil, itu sifatnya masih tahapan wawancara saja dan belum mengarah ke yang lain," katanya.

Anggaran program Rumah Tunggu Kelahiran Dinas Kesehatan Gayo Lues tahun 2018 disebut mencapai Rp1,9 miliar, dengan rincian biaya makan minum mencapai Rp516.586.000, belanja perjalanan dinas dalam daerah Rp271.992.000, biaya sewa mobil rujukan Rp270 juta, dan biaya-biaya lainnya.

Sedangkan anggaran RTK tahun 2019 mencapai Rp1,2 miliar diduga dengan peruntukan yang sama seperti program tahun 2018. Namun dalam pelaksanaannya program itu diduga ada yang tidak beres hingga pihak kepolisian melakukan pemanggilan, pemeriksaan, dan wawancara terhadap pihak-pihak terkait.

"Dokumen yang kita minta dari Dinas Kesehatan juga ada yang belum dipenuhi. Kita akan meminta supaya dokumen untuk pemeriksaan dan wawancara lebih lanjut ini bisa diserahkan," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, program RTK Dinas Kesehatan Gayo Lues yang menelan anggaran Rp1,2 miliar tahun 2019 dan Rp1,9 miliar tahun 2018 diduga ada yang menyimpang penggunaannya. Diantaranya penggunaan anggaran makan minum, jumlah pasien, biaya sewa mobil, dan yang lainnya.

Sebab, salah satu tenaga medis dari Puskesmas mengatakan untuk biaya bersalin ditanggung BPJS dan ditangani oleh bidan desa, Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Gayo Lues. Begitu juga dengan mobil rujukan, yang dipakai adalah mobil ambulans, terkecuali tidak diketahui pihak Puskesmas. (NUAR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C