Log in

BPBD Lakukan Pendataan Korban Banjir Bandang Gumpang Lempuh

Suhaidi Suhaidi

Blangkejeren-andalas Hujan deras yang terjadi di Kabupaten Gayo Lues menyebabkan anak sungai di Desa Gumpang Lempuh, Kecamatan Putri Betung meluap, 20 unit rumah warga ikut menjadi korban genangan lumpur disertai kerusakan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gayo Lues, Suhaidi, Selasa (28/7) mengatakan, untuk memastikan berapa jumlah rumah yang rusak disertai kerusakan apa saja yang terjadi di desa Gumpang Lempuh, pihak BPBD sedang melakukan pendataan.

"Kita sedang melakukan pendataan dan melihat kerusakan apa saja yang terjadi terhadap perumahan warga ini, kalau menurut perkiraan sementara sekitar 20 unit rumah yang rusak," katanya melalui pesan WA.

Jika musibah itu hanya terjadi genangan lumpur saja, Suhaidi mengaku akan menurunkan tim dari BPBD untuk membersihkan rumah penduduk dan pasilitas umum lainya, sedangkan untuk pembersihan jalan nasional yang tertimbun tanah, batu dan batang kayu, hal itu merupakan kewenangan pihak PPK8 (Projabal).

"Saya di Medan sudah tiga hari, dan ini lagi kita minta juga data dari pemerintahan desa," katanya. Selain rumah warga yang mengalami rusak, jalan lintas nasional di Kecamatan Putri Betung juga sulit dilintasi kendaraan, lumpur dan batu membuat roda kendaraan berputar di tempat. (Nuar)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C