Log in

730 Perangkat Desa Ikut Bursa Inovasi Gampong

Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud ST berfoto bersama dengan Kadis BPMG Pidie Jufrizal dan pelaksana DPMG Propinsi Aceh, serta para struktur DPMG Aceh di GOR Sigli seusai membuka Bursa Inovasi Desa. Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud ST berfoto bersama dengan Kadis BPMG Pidie Jufrizal dan pelaksana DPMG Propinsi Aceh, serta para struktur DPMG Aceh di GOR Sigli seusai membuka Bursa Inovasi Desa.

Sigli,Aceh- andalas  Setidaknya 3.200 kepala desa, sekretaris desa dan perangkat desa, dan tokoh masyarakat dari 730 di Kabupaten Pidie, Kamis (28/12) pagi mengikuti Bursa Inovasi Gampong Tahun 2017 di Gedung Olahraga (GOR) Kota Sigli.  Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Wakil Bupati (Wabup) Pidie, Fadhullah TM Daud.

Wabup Fadhlullah dalam sambutannya mengatakan, dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka kepada desa diberikan kewewenangan berdasar hak dan asal usul dan kewenangan lokal untuk skala desa.

Dalam hal ini, lanjutnya, pemerintah berupaya meningkatkan kapasitas keuangan desa, khususnya melalui keuangan gampong (desa) melalui transfer Alokasi Dana Gampong (ADG) dengan harapan gampong dapat meningkatkan kemampuan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya secara efektif.

Kemampuan gampong dalam menyelenggarakan pembangunan disadari masih memiliki keterbatasan yang berdampak pada kualitas perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pemanfaatan kegiatan pembangunan kurang optimal dan kurang memberi dampak terhadap kesejahteraan masyarakatnya.

Menyadari kondisi itu, kata Wabup Fadhlullah, pemerintah menyediakan tenaga pedamping profesional yaitu pedamping lokal desa serta tenaga ahli untuk memfasilitasi pemerintah desa dalam melaksanakan Undang-Undang Desa.

“Berkaitan dengan hal itu, koreksi dan kelemahan serta kekurangan terus dilakukan pemerintah, salah satunya dengan meluncurkan Program Inovasi Desa (PID) untuk mendorong dan menfalitasi penguatan fasiltas desa,” kata wabup.

Sementara hal-hal yang mendasar dari PID tersebut adalah inovasi/kebaruan dalam praktik pembangunan dan pertukaran pengetahuan. Kedua, lanjut Wabup Fadhlullah dukungan teknis dan penyedia jasa layanan teknis secara profesional. Kedua hal ini, diyakini akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan nasyarakat melalui pembangunan yang didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG). Pembukaan Bursa Inovasi Desa tersebut diawali lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan laporan Kadis DPMG Pidie Jufrizal SSos MSi.   (dhian)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 98%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Apr 2018 28°C 22°C
  • 22 Apr 2018 28°C 23°C

Banner 468 x 60 px