Log in

Wabup Karo Dampingi Kapoldasu Jenguk Basmi Ginting di RSU Kabanjahe

Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin didampingi Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang dan pejabat lainnya saat menjenguk Aiptu Basmi Ginting di RSU Kabanjahe. (andalas/robert tarigan Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin didampingi Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang dan pejabat lainnya saat menjenguk Aiptu Basmi Ginting di RSU Kabanjahe. (andalas/robert tarigan

Kabanjahe-andalas Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin membesuk anggota Satres Narkoba Polres Karo, Aiptu Basmi Ginting yang mengalami luka bacok di bahu sebelah kiri di Rumah Sakit Umum Daerah (RSU) Kabanjahe, Rabu (19/2).

Sebagai pimpinan di jajaran Polda Sumut, ia bertanggung jawab terhadap kondisi korban dengan memerintahkan pihak rumah sakit memberikan pelayanan terbaik. sebagai seorang polisi, tugas negara memang penting dalam memberikan pelayanan, keamanan untuk mengayomi masyarakat, meski banyak resiko yang akan dihadapi.

"Tapi kita (polisi) sudah ditempah untuk tetap siap kapan saja dalam menjalankan tugas. Untuk itu, kepada seluruh anggota jajaran Polda Sumut agar tetap waspada dan menjaga keselamatan dalam menjalankan tugas," sebutnya.

Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin didampingi Wakil Bupati (Wabup) Karo Cory S Sebayang, PJU Polda Sumut, Kapolres Tanah Karo AKBP Benny Remus Hutajulu, serta KTU RSU, Agnes Hiasenta, Kapolda Sumut melihat kondisi Aiptu Basmi Ginting Kanit 2 Res Narkoba Polres Tanah Karo yang terluka saat melaksanakan tugas.

Turut hadir mendampingi Kapoldasu, Asisten Pemerintahan Setdakab Karo Drs Suang Karo-Karo, Kepala Bapeda Ir Nasib Sianturi, Asistem Ekonomi dan Pembangunan Mulianta Tarigan, Kepala BPMD Abel Tarawai Tarigan, Kabag Protokol Frans Leonardo Surbakti, Kepala Sat Pol PP Hendrik Tarigan, dan Kepala Kesbang Tetap Ginting.

Selain itu, untuk meringankan beban keluarga, Martuani Sormin, juga memberikan bantuan tali asih kepada Aiptu Basmi Ginting. Semoga keluarga tetap tabah dan kuat. “Mari kita doakan korban segera pulih,” pungkasnya.

Kapolda Sumut menyampaikan bahwa Aiptu Basmi Ginting akan diberikan penghargaan atas pengorbanannya dalam melaksanakan tugas Kepolisian sehingga menyebabkan cidera. Beliau turut menegaskan bahwa Kepolisian akan terus menindak tegas para pelaku tindak pidana narkotika. “Tidak ada ampun bagi pelaku tindak kejahatan," tutupnya.

Sementara Wabup Karo Cory S Sebayang, mengapresiasi kunjungan Kapoldasu untuk membesuk salah satu anggota Polres Karo yang saat ini dirawat di RSU kabanjahe akibat dibacok pelaku narkoba. “Harapan kita agar Tanah Karo ini bersih dari segala penyakit masyarakat,” ucapnya.

Rencananya, Pemkab Karo akan melakukan pertemuan dengan tokoh lintas agama, masyarakat, pemuda dan lainnya untuk melakukan pembahasan masalah narkoba dan bila perlu akan dibuat Peraturan Daerah (Perda) terkait penyakit masyarakat (Pekat).

Sebagaimana diberitakan andalas sebelumnya, Aiptu Basmi Ginting, Kanit 2 Res Narkoba Polres Tanah Karo terluka saat melaksanakan tugas penangkapan pelaku narkoba. Saat itu korban mau meringkus seorang pengedar narkotika jenis sabu, Jeri Nando Ginting (36) alias Ateng di Dusun Basam, Desa Barus Julu, Kecamatan Barusjahe, Kabupaten Karo, Sabtu (15/2) sekira pukul 16.00 WIB.

Saat melewati pintu belakang rumah, tersangka Jeri Nando Ginting yang sebelumnya bersembunyi di balik dinding, tiba-tiba muncul dan mencoba membacok Aiptu Basmi Ginting dengan sebilah parang di bagian punggung.

Namun upaya tersebut gagal karena hanya merobek jaket milik Basmi. Tak sampai disitu, Jeri kembali mengayungkan parang kearah Basmi. Aksi itu juga tidak berhasil. Basmi mencoba menangkis dan menangkap tangan tersangka. Meski dalam kondisi terjatuh, tersangka tetap berusaha menebas parang miliknya hingga merobek pundak Basmi di bagian kiri.

Karena terancam, Basmi Ginting akhirnya mengeluarkan pistol. Melihat itu, tersangka melarikan diri. Basmi pun melakukan pengejaran dan memberikan tembakan peringatan dua kali. Karena tidak diindahkan, akhirnya dilakukan penembakan di kaki. Karena tersangka melompat ke jurang, tembakan akhirnya mengenai punggungnya, hingga pelaku narkoba Jery akhirnya meninggal dunia. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px