Log in

TP PKK Pakpak Bharat Beri Susu pada Ibu Hamil

SUSU - Ketua TP-PKK Kabupaten Pakpak Bharat, Made Tirta Dewi, menyerahkan bantuan susu kepada ibu hamil SUSU - Ketua TP-PKK Kabupaten Pakpak Bharat, Made Tirta Dewi, menyerahkan bantuan susu kepada ibu hamil

Pakpak Bharat,Sumatera Utara-andalas Pada 2018, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat membuat terobosan baru, khusus ditujukan kepada ibu hamil dan ibu menyusui dimulai dari seorang ibu dinyatakan hamil sampai anak berumur 24 bulan. Program ini bertujuan untuk mendukung gerakan 1.000 hari pertama kehidupan menuju generasi emas Kabupaten Pakpak Bharat.

Program yang digagas Bupati Remigo Yolando Berutu MBA ini untuk mendukung salah satu program dari pemerintah pusat, yaitu menuntaskan stunting. Bupati membuat suatu kebijakan untuk mengharuskan ibu yang sudah dinyatakan positif hamil segera dipandu oleh tenaga kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan (Ante Natal Care) dan mendapatkan penyuluhan kesehatan selama kehamilan dan diberi susu ibu hamil hingga si ibu bersalin.

1.000 hari pertama kehidupan merupakan masa pertumbuhan anak dimulai dari kehidupan janin selama 9 bulan di kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Kegiatan ini dilaunching oleh Bupati Pakpak Bharat pada Hari Jadi ke-15 kabupaten yang secara simbolis dilakukan pemberian susu kepada ibu hamil dan ibu menyusui diserahkan Ketua TP-PKK Kabupaten Pakpak Bharat, Made Tirta Dewi di Lapangan Napasengkut pada hari ke-2 pelaksanaan pameran pembangunan dalam rangka HUT XV Kabupaten Pakpak Bharat, 15 Agustus 2018.

Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu menegaskan dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa menurunkan jumlah anak yang lahir dengan berat badan lahir rendah, menurunkan proporsi anak balita stunting serta meningkatkan presentase ibu yang memberikan ASI Eksklusif.

Tahapan program ini dimulai dari hari ke-1 positif hamil sampai hari ke-280, bayi masih dalam kandungan. Diharapkan, petugas gizi bisa memantau status gizi ibu hamil agar tidan muncul ibu Hamil yang kurang energi kronik (KEK) dan anemia. Pembagian susu dilaksanakan di Posyandu setiap bulan pada saat Ibu haamil memeriksakan kehamilannya dan mendapatkan masing-masing ibu hamil dua kotak susu setiap Posyandu.

Untuk periode umur bayi 0–6 bulan (180 hari) semua anak mendapatkan Inisisasi Menyusui Dini (IMD) dan pemberian ASI Eksklusif sampai anak berumur 6 bulan tanpa memberikan makanan ap apun. Untuk periode 6–24 bulan (540 hari) umur anak si ibu Menyusui akan mendapatkan susu sebanyak 2 kotak setiap bulan atau setiap Posyandu pada saat anak dibawa ke Posyandu.

Susu merupakan nutrisi tambahan yang berguna untuk mendukung kebutuhan vitamin dan mineral selain makanan yang dikonsumsi ibu sehari-hari. Seperti protein untuk pembentukan plasenta, cadangan darah, pembentukan cairan ketuban dan persiapan persalinan.(wes)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C