Log in

Tim Pendisiplinan Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan di Karo, Apel Persiapan Selasa

 Bupati Terkelin Brahmana tetap kompak bersama Forkopimda Kabupaten Karo dalam memerangi Covid-19. (andalas/robert tarigan) Bupati Terkelin Brahmana tetap kompak bersama Forkopimda Kabupaten Karo dalam memerangi Covid-19. (andalas/robert tarigan)

Kabanjahe-andalas Sejumlah personel gabungan anggota TNI dari Kodim 0205/TK dan Yonif 125/Simbisa, Polres Tanah Karo serta jajaran Pemerintah Kabupaten Karo, Selasa (07/07/2020) pagi, akan menggelar apel persiapan di Stadion Samura Kabanjahe.

Nantinya tim gabungan ini akan bertugas melakukan kegiatan pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 semakin meluas. Diperoleh informasi tim gabungan ini terdiri dari personel Polres Tanah Karo, anggota TNI dari Kodim 0205/TK dan Yonif 125/Simbisa, dari Dinas Kesehatan, BPBD, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kabupaten Karo.

Kegiatan diawali apel persiapan yang diadakan di Stadion Samura Kabanjahe, pelaksanaan apel dipimpin Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Karo. Pada kesempatan itu, Bupati Karo akan menyampaikan kepada tim tentang teknis kegiatan pendisiplinan masyarakat yang akan dilakukan di Kabupaten Karo.

Bupati Karo Terkelin Brahmana melalui Plh GTPP Kabupaten Karo, Ir Martin Sitepu menjawab andalas, Senin (06/07/2020) petang menjelaskan, pengarahan juga akan diberikan Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara SE, selaku ketua tim gabungan pendisiplinan masyarakat.

Setelah apel, sambung Martin Sitepu, para petugas gabungan ini langsung bergerak melakukan pendisiplinan masyarakat di sejumlah titik dan lokasi, petugas meminta masyarakat menggunakan masker dan melakukan pengecekan suhu tubuh serta mengingatkan mereka untuk jaga jarak atau physical distancing, sebutnya.

“Petugas gabungan ini juga memasuki pusat-pusat keramaian, objek wisata, terminal dan stasion-stasion bus angkutan perkotaaan dan pedesaan, pasar tradisional di kawasan Kabanjahe, Berastagi dan pasar hasil bumi lainnya sambil menyampaikan imbauan, mereka mengingatkan para pedagang dan pembeli maupun masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan selama berada di kawasan pusat-pusat keramaian,”kata Martin Sitepu.

Dengan begitu, diharapkan, semakin meningkatnya kesadaran masyarakat yang akan berimplikasi pada penurunan angka penyebaran Covid-19, sehingga kita dapat melandaikan grafik kurfa Covid-19. Apel gabungan tersebut sekaligus mengecek kesiapan petugas penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19 yang nanti bertugas di lapangan. "Sebelum melakukan penegakan disiplin protokol kesehatan, tim gabungan menggelar Tactical Floor Game (TFG),"katanya.

Menurut Martin Sitepu, apel operasi penegakan disiplin protokol kesehatan penanganan Covid-19 merupakan ikhtiar kolektif untuk memastikan langkah nyata upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karo.

“Pemerintah Kabupaten Karo berharap kepada kita semua, khususnya Satgas Covid-19 agar menjadi contoh, serta bersama-sama mengarahkan, dan mengajak masyarakat untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan seperti jaga jarak, selalu memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir,” papar Martin Sitepu yang juga Kepala Pelaksana BPBD Karo.

Terpisah, hal senada dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo, drg Irna Safrina Meliala MKes. Menurutnya, keberhasilan melawan penyebaran virus corona adalah ketika berhasil mendisiplinkan diri sendiri dan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19. “Tanpa disiplin akan sia-sia, kebijakan apa pun diambil pemerintah tidak akan membuat hasil maksimal dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,”jelasnya. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C