Log in

Terkelin : Pedagang TPS Kabanjahe Segera Direlokasi

PENJELASAN - Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Wakil Bupati Cory S Sebayang, Plt Sekdakab Jernih Tarigan SH, Kadis PPKAD, Andreas Tarigan, Plt Bappeda Abel Tarigan memberikan penjelasan terkait relokasi pedagang TPS Kabanjahe. PENJELASAN - Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Wakil Bupati Cory S Sebayang, Plt Sekdakab Jernih Tarigan SH, Kadis PPKAD, Andreas Tarigan, Plt Bappeda Abel Tarigan memberikan penjelasan terkait relokasi pedagang TPS Kabanjahe.

Kabanjahe,Sumatera Utara-andalas Tempat penampungan sementara (TPS) pedagang di Pusat Pasar Kabanjahe yang selama ini digunakan pedagang akibat terbakarnya pusat pasar Kabanjahe pada 2008 silam akan segera direlokasi. Pasalnya, TPS yang dibangun di atas badan Jalan Letnan Abdul Kadir dan Letnan Mumah Purba tersebut menjadikan Kabanjahe semakin kumuh, semrawut dan menjadi sorotan dari berbagai elemen masyarakat. Untuk itu, Pemkab Karo dan DPRD sudah sepakat, TPS segera direlokasi, kemungkinan di atas 20 Mei 2017.

Hal itu diungkapkan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Wakil Bupati Cory S Sebayang, Plt Sekdakab Jernih Tarigan SH, Kepala Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD, Andreas Tarigan, Plt Bappeda Abel Tarigan dan Plt UPTD Perindag Kecamatan Kabanjahe, Pribadi Sebayang saat pertemuan dengan sejumlah pedagang didampingi Asosiasi Arih Ersada Pedagang TPS Kabanjahe, Senin (8/5) di ruang kerja bupati.

Menurut bupati, lokasi TPS yang sudah berdiri diatas badan jalan selama 7 tahun akan dikembalikan fungsinya sebagai kepentingan umum. Pemkab dan DPRD juga telah sepakat TPS akan segera direlokasi ke lantai dua Kabanjahe Plaza. Tempat penampungannya sudah hampir rampung 80 %. 

Kemungkinan di atas tanggal 20 Mei ini, pedagang di TPS Jalan Abdul Kadir dan Mumah Purba sudah bisa direlokasi. Anggaran relokasi TPS juga sudah ditampung sebesar sekitar Rp1,4 miliar di APBD Karo 2017. "Namun, sebelum pemindahan TPS tersebut, lokasi penampungan harus sudah ready 100 persen,"ujarnya.

Di samping itu, Pemkab Karo, tahun ini juga sudah menganggarkan pengadaan tanah untuk lokasi Pusat Pasar Kabanjahe. Jika pengadaan tanah tersebut terealisasi tahun ini, tahun depan sudah bisa diusulkan ke pusat untuk dibangun dengan dana APBN.

Bupati menyebutkan, sebagai daerah yang sedang berpacu menuju kemajuan dan perkembangan, sejalan dengan visi misi Pemkab Karo, Kota Kabanjahe dinilai masih banyak memiliki kelemahan dan kekurangan. Kabanjahe sebagai ibukota kabupaten belum memiliki fasilitas publik dan ruang terbuka hijau (RTH).

Nantinya, bekas lokasi Pusat Pasar Kabanjahe direncanakan menjadi ruang terbuka hijau atau sebagai paru-paru kota."Pembangunan Pusat Pasar Kabanjahe yang baru dan modern wujud komitmen pemerintah menggerakkan perekonomian Kabupaten Karo,” tegas Terkelin.

Hal senada dikatakan Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang. “TPS akan segera dibongkar dan para pedagang akan direlokasi ke Kabanjahe Plaza lantai dua. Pemerintah juga harus memerhatikan kepentingan umum. Mari kita saling mendukung, bagaimana kita menjadikan kota ini nyaman, indah dan aman dikunjungi,”katanya.

Menyikapi hal itu, juru bicara Aosiasi Arih Ersada Pedagang TPS Kabanjahe, Ramlan Tarigan, didampingi sejumlah pedagang seperti Rosmawati Br Ginting, Njarum Sinulingga, Layas Br Ginting ngotot meminta kepada Bupati Karo, agar mereka (pedagang TPS-red) jangan dulu direlokasi. “Pedagang TPS sangat tidak setuju direlokasi ke Kabanjahe Plaja,”katanya.

Plt Kepala UPTD Perindag Kecamatan Kabanjahe, Pribadi Sebayang mengatakan pihaknya sudah siap merelokasi para pedagang di atas  20 Mei. Di lokasi penampungan yang baru (Lantai dua Kabanjahe Plaza) sudah rampung 80%. Untuk membantu pedagang di lokasi yang baru itu nanti, selama satu tahun pedagang tidak bayar apapun, semua digratiskan kecuali listrik."Pemberitahuan terkait relokasi sudah disampaikan kepada 166 pedagang TPS dengan rincian, di TPS Jalan Abdul Kadir 96 dan Jalan Mumah Purba sebanyak 70 pedagang,"ujarnya. (RTA)

25°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 4.83 km/h

  • 18 Nov 2018 28°C 23°C
  • 19 Nov 2018 27°C 23°C

Banner 468 x 60 px