Logo
Print this page

Terkelin : Paradigma Pembangunan Dituntut Integratif dan Berbasis Data

SEPAKAT - Bupati Karo Terkelin Brahmana usai penandatanganan kesepakatan bersama dengan Sekretaris Utama Badan Informasi Geospasial (BIG) Muhtadi Ganda Sutrisno ME. SEPAKAT - Bupati Karo Terkelin Brahmana usai penandatanganan kesepakatan bersama dengan Sekretaris Utama Badan Informasi Geospasial (BIG) Muhtadi Ganda Sutrisno ME.

Kabanjahe-andalas Pemerintah Kabupaten Karo menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) dan perjanjian kerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG), pada kegiatan Pencanangan Kegiatan Pengelolaan Data dan Informasi Geospasial Kabupaten Karo, Jumat (8/11). Penandatanganan tersebut dilakukan Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH di Gedung BIG, Jalan Raya Jakarta-Bogor KM 46 Cibinong

Bupati Terkelin Brahmana menjelaskan, nota kesepahaman tersebut berisi kerja sama tentang penyelenggaraan, pengembangan dan pemanfaatan data dan informasi geospasial untuk pembangunan dan pengembangan simpul jaringan informasi geospasial Kabupaten Karo. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan dan mengoptimalkan peran informasi Geospasial.

Terkelin menjelaskan, paradigma pembangunan saat ini, harus tematik, holistik, integratif, dan spasial (THIS), sehingga kebutuhan Informasi Geospasial (IG) tidak dapat ditawar lagi, untuk itulah Pemkab Karo menjalin kerja sama (MoU) dengan BIG.

Informasi Geospasial sendiri merupakan informasi keruangan yang menunjukkan posisi atau lokasi suatu objek atau kejadian yang sudah diolah sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan keuangan.

Di samping itu, ada beberapa titik di desa mengalami suatu permasalahan terkait batas dan peta antardesa, belum terselesaikan akibat selama ini belum ada BIG bekerjasama dengan Pemkab Karo. “Alhasil, kita belum dapat menggandeng BIG sebagai landasan hukum untuk menyelesaikan permasalahan sesuai tugas kewenangnnya,” jelas Terkelin.

Nah, dengan resminya kerja sama ini, atau kesepakatan bersama, maka keberadaan BIG diharapkan dapat menjadi pilot project menyelesaikan beberapa permasalahan, baik dari segi batas antar desa, antarkabupaten hingga antar provinsi.

Terkelin Brahmana menyebutkan isi kesepakatan yang tertuang, meliputi kerjasama  pembangunan basis data dan meta data geospasial, penyelenggaraan dan pemanfaatan jaring kontrol geodesi dan, penyelenggaraan informasi geospasial terkait tata ruang dan hams administrasi wilayah.

Dengan kerja sama ini, Pemkab Karo akan mendapatkan keuntungan diantaranya, kemudahan dalam mendapatkan data dan informasi geospasial, fasilitas pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan penggunaan data informasi geospasial, bimbingan dan pendampingan dalam penyusunan peraturan dan kebijakan terkait pembangunan dan pengembangan simpul jaringan di Kabupaten karo.

“Di tengah perkembangan dan kemajuan tekhnologi informasi yang sangat pesat, keakuratan sebuah data, sangatlah penting," tutur Bupati Terkelin Brahmana.

Sementara, Sekretaris Utama Badan Informasi Geospasial (BIG) Muhtadi Ganda Sutrisno M.E, sebelum melakukan penandatanganan kerjasama, menyampaikan data-data yang dikumpulkan dan dikaji oleh BIG ke depannya menjadi dasar dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, paparnya.

Muhtadi menjelaskan sekarang ini MoU yang akan menandatangani kesepakatan seluruh Indonesia hanya melibatkan tiga Kementrian /Lembaga, 16 pemerintah daerah dan 1 pihak swasta.

"Pemanfaatan BIG (data) digital dalam membantu masalah mitigasi bencana, BIG sudah membangun digital model yang bisa menyampaikan informasi geospasial," ungkap Muhtadi.

Semisal, manfaat BIG kedepan bagi lembaga  BNN (Badan Narkotika Nasional) dapat meminta kepada BIG agar memetakan wilayah yang rawan menanam ganja, maupun Pemerintah Kabupaten meminta titik titik rawan bencana dan permasalahan batas peta suatu desa, agar tidak tumpang tindih. (RTA)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com