Log in

Terkelin : Harmonisasi Umat Beragama Harus Dipertahankan

Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Ketua TP PKK Ny Sariati Terkelin Brahmana usai meresmikan Gereja Katolik Tanjung Barus menari bersama. Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Ketua TP PKK Ny Sariati Terkelin Brahmana usai meresmikan Gereja Katolik Tanjung Barus menari bersama.

Bupati Karo dan Uskup Agung Resmikan Gereja Katolik Tanjung Barus

Kabanjahe,Sumatera Utara-andalas Bupati Karo Terkelin Brahmana SH melakukan kunjungan kerja dalam rangka peresmian dan pemberkatan Gereja Katolik Desa Tanjung Barus Kecamatan Barusjahe, kemarin. Prosesi peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Uskup Agung Medan Mgr Anicetus B Sinaga dan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dilanjutkan pemberkatan dan misa penerimaan Sakramen oleh Keuskupan Agung Medan, Mgr Anicetus B Sinaga.

Bupati Terkelin Brahman dalam sambutannya mengatakan, Gereja ini sudah dibangun dengan susah payah oleh umat. Untuk itu, harus dirawat dan dijaga dengan baik oleh umat. Dia meminta umat supaya lebih aktif dalam kegiatan kerohanian, terlebih dengan adanya gereja yang baru, tentunya persekutuan umat dengan sesama dan Tuhan semakin lebih dekat.

“Jadikanlah Gereja yang megah ini dapat dipelihara dan dijaga dengan baik karena membangun itu mudah tetapi untuk merawatnya tidaklah mudah. untuk itu diperlukan kerjasama umat untuk memelihara dan menjadikannya sebagai tempat yang sakral untuk berdoa kepada Tuhan dan juga dapat digunakan untuk kegiatan rohani lainnya,"kata bupati.

Bupati sangat mendukung kegiatan bersifat pembinaan umat di Kabupaten Karo sekaligus memuliakan nama Tuhan. Oleh sebab itu diharapkan dengan berdirinya gereja di Stasi Tanjung Barus ini akan semakin meningkatkan semangat umat untuk beribadah ke Gereja dan bukan sebaliknya.

"Sebagai modal utama dalam membina dan mengembangkan kerukunan hidup antarumat beragama, karena dengan terciptanya kerukunan antarumat beragama tentu akan semakin meningkatkan peranserta umat dalam pembangunan bangsa, termasuk dalam upaya mengatasi krisis ekonomi, krisis budaya dan krisis moral yang kita alami sekarang ini,"kata Terkelin.

Bupati mengajak semua komponen masyarakat Karo menyatukan tekad dan bergandengan tangan membangun dan memajukan Kabupaten Karo demi masa depan lebih baik. "Pertahankan harmonisasi kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Karo yang sudah sangat baik, saling menghargai, mengasihi dan saling menghormati,"tutupnya.

Uskup Agung Medan, Mgr Anicetus B Sinaga menjelaskan, umat sudah berkorban untuk membangun gereja yang cukup megah ini."Pengorbanan inilah sebagai bukti umat mencintai Tuhan, gereja ini juga sebagai bukti Tuhan hadir di tengah umat, gereja hadir supaya umat semakin rajin berdoa, tingkah laku umat Katolik juga harus sesuai dengan injil sama seperti Yesus,” katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ny Sariati Terkelin Brahmana, Asisten Pemerintahan Drs Suang Karo-karo, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, Kadis PMD Abel Tarwai Tarigan, Kasatpol PP Hendrik P Tarigan, Kabag Humas dan Protokol Drs Djoko Sujarwanto, Kabag Kesra Maria Rasmekita Barus, Camat Barusjahe Kalsium Sitepu. (RTA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

32°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 62%

Wind: 6.44 km/h

  • 19 Jul 2018 32°C 23°C
  • 20 Jul 2018 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px