Log in

Terkelin : ASN Pemkab Karo Harus Netral Dalam Pemilu 2019

RAKOR - Bupati Karo Terkelin Brahmana saat menghadiri Rakor Persiapan Pemilu 2019 dengan seluruh jajaran kabupaten/ kota dipimpin Gubsu Edy Rahmayadi. RAKOR - Bupati Karo Terkelin Brahmana saat menghadiri Rakor Persiapan Pemilu 2019 dengan seluruh jajaran kabupaten/ kota dipimpin Gubsu Edy Rahmayadi.

Kabanjahe-andalas Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 yang tinggal beberapa bulan lagi,  Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo dipastikan netral. Netralitas ASN dan aparatur pemerintah desa sudah jelas diatur dalam UU Pemilu No 7 Tahun 2017 pasal 282 dan pasal 283 ayat 1 dan 2 serta pasal 494 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). Pejabat negara struktural dan fungsional dilarang mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap peserta Pemilu.

Demikian ditegaskan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, usai menghadiri rapat koordinasi antisipasi/permasalahan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dengan seluruh jajaran Kabupaten/Kota. Rapat itu dipimpin langsung Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Jumat (15/2).

Turut hadir mendampingi Bupati Karo, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal SE, Kapolres Tanah Karo AKBP Benny Remus Hutajulu Sik, Kasat Pol PP dan Damkar Hendrik Philemon Tarigan AP MSi, Plt Kadis Dukcapil Drs Indra Jaya Bangun. Terlihat juga hadir Ketua Bawaslu Kabupaten Karo, Eva Juliani Pandia SH.

Diingatkan bupati, larangan ASN berpolitik sudah jelas, dan semua harus menaati tanpa terkecuali. Jika masih ada oknum ASN melanggar, artinya siap dipidana dan bisa dipecat secara tidak hormat. "Sanksi berat bagi ASN yang terlibat politik praktis itu bisa dipecat," tegasnya

Bupati menekankan, para ASN dan aparatur desa turut serta menjaga dan menciptakan situasi yang kondusif jelang pemilu 2019 yang sudah semakin dekat."Jangan sampai ada ASN dan aparatur pemerintah desa terang-terangan menjadi tim sukses atau pendukung salah satu calon,"katanya.

Apabila ASN kedapatan dan terbukti melakukan pelanggaran Pemilu, maka tentunya, ia akan menyerahkan sepenuhnya kepada Bawaslu untuk diproses. “Bila ada terbukti ASN di lingkunan Pemkab Karo yang melakukan pelanggaran, tentu menjadi tugas dan kewenangan Bawaslu, harus diproses sesuai aturan berlaku,” tegasnya.

Menurut Terkelin, Pemkab Karo berkwajiban menyukseskan tahapan penyelenggaraan Pemilu 2019. Hal ini ditunjukkan lewat peran aktif terhadap data pemilih lewat penyebaran KTP-el melalui Dinas Dukcapil Kabupaten Karo kepada masyarakat yang sudah berhak menggunakan hak pilihnya. Bupati juga berharap kinerja KPUD dan Bawaslu Karo beserta jajarannya masing-masing termasuk instansi terkait lainnya untuk bisa meningkatkan jumlah partisipan pemilih di Pemilu 2019.

Sementara, Kapolres Tanah Karo, AKBP Benny Remus Hutajulu mengaku, pihaknya maksimal melakukan pengamanan sehingga pesta demokrasi menjadi pesta bagi kita, pesta bagi rakyat, memilih calon pemimpinnya. “Sinergitas Polri-TNI di wilayah hukum Kabupaten Karo siap mengamankan pesta demokrasi menjadi aman, tertib, damai, sejuk dan nyaman,” tegasnya.

Benny minta seluruh tokoh dan elemen masyarakat agar mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang menyejukkan tentang Pemilu 2019. “Berikanlah pernyataan yang menyejukkan, bijaklah bermedsos, dan jangan mudah terprovokasi. Beda pendapat hal yang biasa, menjaga persaudaraan dan persatuan jauh lebih penting,”katanya.

Hal senada disampaikan Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal SE, akan mendukung penuh pengamanan yang dilakukan Polres Tanah Karo jelang Pemilu dan saat pemilu berlangsung, dengan berpedoman protap ketentuan yang berlaku dalam peran TNI yang tertuang dalam Uu No 34 tahun 2004.

Begitu juga, TNI wajib netral ini sudah harga mati, sudah sering disosialisasikan kepada prajurit di jajaran teritorial Kodim 0205/TK agar bersikap netral dan tidak boleh ikut-ikutan berpolitik, apalagi mendukung salah satu calon. “Sanksi dan aturan sudah jelas bagi prajurit TNI jika terbukti melakukan tindakan tidak netral dalam Pemilu atau kesalahan yang mencoreng institusi TNI dalam penyelenggaraan pemilu 2019, akan diproses dan ditindak tegas, sesuai tata hukum yang berlaku,” tutupnya. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px