Log in

Temuan BPK Masih Berkutat Pada Masalah yang Sama

PANDANGAN AKHIR - Juru Bicara Fraksi Gerindra, H Rahmanuddin Rangkuti SH MKn saat menyampaikan pandangan akhir Fraksi Gerindra PANDANGAN AKHIR - Juru Bicara Fraksi Gerindra, H Rahmanuddin Rangkuti SH MKn saat menyampaikan pandangan akhir Fraksi Gerindra

Fraksi Gerindra DPRD Langkat Heran

Stabat,Sumatera Utara- andalas Rapat paripurna DPRD Langkat tentang Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Langkat tahun 2017 diwarnai dengan penyampaian pandangan akhir dari masing- masing fraksi.  Untuk itu, Fraksi Gerindra pun menyampaikan pandangannya melalui juru bicaranya, H Rahmanuddin Rangkuti SH MKn.

Dalam pandangan akhirnya, Fraksi Gerindra  menyoroti LHP  BPK atas laporan  Keuangan Pemkab Langkat TA 2017 yang kembali mendapat Opini Wajar Dengan Pengecualian. Fraksi Gerindra menilai dengan opini itu tidak ada peningkatan  berarti.  Apalagi, temuan BPK masih berkutat pada masalah sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Untuk itu Fraksi Gerindra melalui juru bicaranaya H Rahmanuddin Rangkuti, SH, MKn merekomendasikan agar Pemkab Langkat melakukan, antara lain  : (1) program intensifikasi terhadap objek pajak dan retribusi seraya  meningkatkan PAD dengan fokus kepada optimalisasi penerimaan pajak dan retribusi Daerah terhadap para wajib pajak  dan retribusi daerah dengan melakukan pemutahiran data serta lebih optimal dalam penagihannya dengan melibatkan semua unsur SKPD terkait.  (2)  mengoptimalkan peran LPSE untuk menciptakan pengelolaan keuangan daerah yang lebih ekonomis, efisien, efektif, transparan, terbuka adil  dan akuntabel dengan tujuan agar menghasilkan output lebih maksimal dan berkualitas  serta input serendah- rendahnya agar dapat mencapai target untuk kepentingan masyarakat.

Yang menarik, Fraksi NasDem tidak hadir dan tidak ikut memberikan tanggapan dalam rapat paripurna tersebut.  Akibatnya, Fraksi NasDem ‘diserang’  fraksi- fraksi lain.
 Serangan pertama datang dari Fraksi Gerindra,  Rahmanuddin Rangkuti dengan tegas mempertanyakan ketidakhadiran para anggota Fraksi NasDem kepada Sekwan,  Drs HBasrah Pardomuan.  Kemudian dia pun menuding Fraksi NasDem tidak menghormati Rapat Paripurna DPRD Langkat.

“Ya, patut disayangkan mengapa mereka tidak hadir dan tidak ikut memberikan pandangan dalam rapat paripurna ini. Apakah sikap dan tindakan ini tidak salah. Ini jelas menunjukkan ketidakpedulian mereka kepada hal-hal penting seperti ini, sebab rapat paripurna ini berkaitan dengan uang rakyat. Jadi, kami minta kepada Sekwan untuk mempelajarinya sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan berlaku,” ujarnya.

Protes keras itu jelas menggambarkan ketegasan para kader Partai Gerindra dan protes keras itu pun disambut Fraksi Golkar. Melalui M Syahrul SSos, Fraksi Golkar pun menyayangkan sikap Fraksi NasDem tersebut dan meminta BKD (Badan Kehormatan Dewan) untuk bertindak.

“Paling tidak, BKD harus memanggil mereka dan mempertanyakan ketidakhadiran mereka dalam rapat paripurna ini,”ujarnya. Lalu, Fraksi PDIP pun menambahi melalui Kirana Sitepu,  Ini adalah preseden buruk dan jangan sampai terulang kembali.

“Malu kita kepada rakyat.  Di satu sisi kita teriak- teriak minta disiplin dan peduli, sedangkan di sisi yang lain kita sendiri tidak disiplin dan peduli.  Ini kan jelas memalukan namanya,” tegasnya.

Sementara itu, Suwanto, juga dari F PDIP menilai, masalah ini adalah masalah internal DPRD Langkat.  Jadi, sebaiknya jangan dibuka dan dibahas lagi.“Malu kita kalau dibahas lagi.  Sudahlah cukup sampai di sini,” ujarnya.

Namun, H Sarikat Bangun dari Fraksi Demokrat menambahkan, kejadian seperti ini memang harus disikapi secara cermat dan tidak boleh dibiarkan begitu saja agar tidak terulang kembali."Jadi, kalaupun berhalangan harus ada memberi kabar. Jangan seperti ini, seperti tidak berharga rapat paripurna ini,” ujarnya. (BD)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 25 Sep 2018 30°C 23°C
  • 26 Sep 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px