Log in

Soekirman : Budaya Asli Melayu Harus Dilestarikan

CENDERAMATA - Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyerahkan cenderamata buku "Onderneming van Sergai" kepada Pemangku Adat Kesultanan Serdang Tengku Achmad Tala'a dan Tengku Mira Sinar. CENDERAMATA - Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyerahkan cenderamata buku "Onderneming van Sergai" kepada Pemangku Adat Kesultanan Serdang Tengku Achmad Tala'a dan Tengku Mira Sinar.

Pemkab Serdang Bedagai Gelar Pentas Serampang XII

Perbaungan,Sumatera Utara-andalas Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman membuka Pentas Kesenian di Tanah Serampang XII bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Istana, Jalan Sultan Serdang Kecamatan Perbaungan, Rabu (19/4) malam.

Acara bertajuk Serampang Duabelas Project yang merupakan kerja sama Pemkab Sergai dengan Komunitas Kreatif Perbaunganisme, Koperatif Sergai, Sinar Budaya Group, Orkes Melayu Zulbahqi, Sanggar Seni Budaya Sinar Serdang, Bale Marojahan, Rumah Kreasi Pemuda, dan Sanggar Seni Sergai Etnik ini digelar bertujuan untuk melestarikan budaya Melayu sekaligus memperingati Hari Tari Serampang Duabelas ke-79 tahun yang jatuh setiap 9 April.

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua TP PKK Hj Marliah Soekirman, Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik MM, Kadispora Parbud Drs Santun Banjarnahor, ahli waris alm Sauti Akhiruddin Sauti, Pemangku Adat Kesultanan Serdang Tengku Achmad Tala'a dan Tengku Mira Sinar, Ketua BM3 Sergai Yunasril SH MKn, Ketua Himasdat Sahril Matondang, para penggiat budaya dan adat serta masyarakat sekitar.

Bupati dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan dilaksanakan, karena selama ini kesenian-kesenian Melayu asli jarang ditampilkan, sehingga membuat kaum muda jarang menonton dan menyaksikan budaya-budaya Melayu tersebut. Maka dengan diadakannya kegiatan ini tentu menambah khazanah pengetahuan tentang kekayaan budaya yang kita miliki.

Bupati mengatakan, pemerintah daerah senantiasa mengikuti dan mendukung semangat kaum muda untuk melestarikan budaya seperti ini, sehingga ketika semangat kaum muda pelestari budaya semakin besar dan menggelora, dengan dukungan penuh pemerintah daerah dan stakeholder lainnya bukan tidak mungkin akan digelar Karnaval Budaya Melayu Tingkat Nasional dapat kita selenggarakan nanti.

Mengakhiri sambutannya Soekirman berpesan kepada kaum muda agar jangan bosan dalam menggali kekayaan budaya yang ada di daerah kita, karena masih sangat banyak yang perlu diketahui dan untuk dilestarikan. Semoga kegiatan ini dapat menghayati betapa orang tua kita dahulu telah melampaui prestasi sampai ke Istana Negara mempertunjukkan tari Serampang Duabelas."Kiranya kegiatan seni budaya ini dapat menjadi penyemangat dan mengukur diri serta dapat menjauhi penyalahgunaan narkoba,"pungkas Soekirman.

Sebelumnya, ketua panitia Martin Juanda dalam laporannya berkeinginan agar tari serampang duabelas dilestarikan di Sergai khususnya di Kota Perbaungan sebagai tempat lahirnya tari tersebut. Serampang duabelas yang telah mendunia agar diangkat menjadi ikon persatuan ragam suku sebagaimana bunyi pepatah melayu "di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung"."Diharapkan agar kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin pemerintah daerah dalam pelestarian budaya melayu khususnya tari serampang duabelas,"katanya.

Pentas Kesenian di Tanah Serampang XII ini dimeriahkan dengan pertunjukan tarian melayu seperti Tari Lenggak Mak Inang dan Tari Melayu Raya, Tari Zapin Medanku Sayang, Tari Silat Podang, dan Tari Serampang Duabelas serta Tari Multi Etnis Inovatif, Tari Wayang Orang, puisi Kolaborasi Act Painting, Orasi Budaya serta Pemutaran Film Guru Sauti untuk mengenang pencipta Tari Serampang Duabelas. Pada penutupan acara, jebolan Dangdut D'Academy Deswa hadir untuk menghibur masyarakat yang hadir.(RYAD)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 100%

Wind: 6.44 km/h

  • 28 Jul 2017 31°C 23°C
  • 29 Jul 2017 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px