Log in

Soekirman : ASN Harus Jadi Pionir Gerakan Konsumsi Ikan

TINJAU - Bupati Soekirman didampingi Ketua TP PKK Hj Marliah Soekirman bersama Ketua DPRD Syahlan Siregar, meninjau lomba masak ikan dan mencoba mencicipi masakan. TINJAU - Bupati Soekirman didampingi Ketua TP PKK Hj Marliah Soekirman bersama Ketua DPRD Syahlan Siregar, meninjau lomba masak ikan dan mencoba mencicipi masakan.

Sei Rampah,Sumatera Utara-andalas Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla), menggelar kegiatan Lomba Masak Ikan dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan tingkat kabupaten bertempat di halaman Diskanla Komplek Perumahan Bumi Sergai Kecamatan Sei Rampah, Kamis (12/10).

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Sergai Ir H Soekirman, Ketua DPRD H Syahlan Siregar ST, Wabup Darma Wijaya, Sekdakab Drs Hadi Winarno MM, Ketua TP PKK Hj Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Hj Rosmaida Darma Wijaya, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat dan Ketua TP PKK kecamatan serta ratusan anggota PKK se-Sergai.

Bupati Soekirman mengemukakan, untuk menjaga kesehatan salah satunya dapat dimulai dari pengetahuan mendasar tentang asupan makanan pada tubuh kita. Seperti diketahui bersama, ikan merupakan makanan memiliki kandungan gizi yang baik bagi manusia.

Kandungan omega 3 yang terkandung di dalamnya merupakan nutrisi penting, tidak hanya bagi kesehatan dan pertumbuhan tapi juga bagi perkembangan otak."Hal inilah yang mendasari tren konsumsi ikan masyarakat dunia dari tahun ke tahun terus meningkat,"ungkapnya.

Lebih jauh disampaikan bupati, pada 2017 ini Pemkab Sergai menargetkan tingkat konsumsi ikan masyarakat perkapita menjadi 42 kg/tahun. Target ini memang masih dibawah target nasional, akan tetapi masih menunjukkan tren yang terus meningkat. Jika dilihat dari realisasinya konsumsi ikan perkapita Kabupaten Sergai pada 2015 yakni 38 kg dan 2016, 40 kg.

Karenanya, lanjut bupati, untuk mencapai target konsumsi ikan di Sergai, Pemkab terus berupaya untuk meningkatkan produksi perikanan dengan memaksimalkan potensi di sektor perikanan tangkap, perikanan budidaya dan pengolahan hasil perikanan.

Bupati Soekirman menyampaikan, pendidikan dan kesehatan menjadi fondasi dasar dalam pembangunan SDM. Dan SDM yang berkualitas menjadi keharusan untuk mewujudkan bangsa yang besar. Mengutip kampanye dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang sempat menjadi viral yaitu “ Ayo Makan Ikan, yang tidak makan ikan saya tenggelamkan”.

Untuk itu, bupati mengimbau agar masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat khususnya para ASN sebagai pelayan publik dapat menjadi pionir gerakan mengonsumsi ikan dan turut melakukan kampanye pentingnya mengonsumsi ikan pada keluarga dan masyarakat.

Sebelumnya Kadis Perikanan dan Kelautan selaku panitia penyelenggara melaporkan, kegiatan bertema “Melalui Lomba Masak Ikan, Kita Ciptakan masyarakat sehat dan cerdas untuk mendorong Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan. Sedangkan tujuannya adalah untuk memasyarakatkan makan ikan, menyebarluaskan informasi tentang manfaat ikan dan mendorong kreativitas masyarakat dalam mengolah ikan.

Hasil lomba masak ikan tersebut adalah juara I diraih Kecamatan Tebing Syahbandar, juara II Kecamatan Perbaungan, juara III Kecamatan Silinda, Harapan I Kecamatan Sei Rampah, Harapan II Kecamatan Tebing Tinggi dan Harapan III Kecamatan Sei Bamban.(RYAD)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 19 Oct 2017 31°C 23°C
  • 20 Oct 2017 31°C 23°C

Banner 468 x 60 px