Log in
BPKD_Pemkab_Aceh_Selatan.jpg

Seputaran Kota Porsea Disemprot Disinfektan

Personel BPBD bersama Satpol PP Kabupaten Toba melakukan penyemprotan disinfektan di seputaran Kota Porsea, Selasa (31/3). Personel BPBD bersama Satpol PP Kabupaten Toba melakukan penyemprotan disinfektan di seputaran Kota Porsea, Selasa (31/3).

DD Bisa Digunakan Cegah Covid-19

Balige-andalas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Toba melakukan penyemprotan disinfektan di seputaran kota Porsea, Selasa (31/3).

Penyemprotan disinfektan yang dipimpin Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Toba Pontas Batubara didampingi Kepala Satpol-PP Broztito Sianipar itu dimulai dari SPBU Parparean, lingkungan RSUD Porsea, sepanjang jalan protokol dari mulai Kantor Polres hingga Terminal Porsea.

Penyemprotan dilakukan mulai Pukul 04.00 WIB hingga Pukul 07.00 WIB, sebelum rumah penduduk buka. "Penyemprotan masih akan kami lanjutkan di Kota Balige, Lumban Bulbul, dan Tampahan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19," kata Pontas Batubara.

DD Bisa Digunakan

Sementara itu, menindak lanjuti Surat Edaran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Nomor 8 Tahun 2020 tentang Des Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa, Bupati Toba Darwin Siagian mengeluarkan Surat Nomor 413/3118/DPMPDPPA-PEMDES/2020 perihal Desa Tanggap Covid-19 tertanggal 29 Maret 2020.

Surat Desa Tanggap Covid-19 ditujukan kepada camat se-Kabupaten Toba supaya memerintahkan seluruh kepala desa yang ada di wilayah masing-masing agar membiayai pencegahan penyebaran Covid-19 dari APBDes yang bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2020.

"Contoh jenis kebutuhan untuk pencegahan Covid-19 yang dapat dianggarkan dalam APBDes antara lain pengadaan bahan cairan disinfektan, pengadaan alat semprot, masker, sarana cuci tangan dan sabun anti septic, pengukur suhu badan, suplemen penambah daya tubuh (vitamin), sembako bagi warga yang diisolasi di rumah, dan biaya operasional relawan penanggulangan Covid-19," terang Kepala Dinas PMDPPA Henry Silalahi di Balige, Selasa (31/3).

Selain itu, lanjut Henry, dalam surat Desa Tanggap Covid-19 yang diterbitkan Bupati Darwin juga meminta camat supaya memerintahkan kepala desa untuk mendata warga yang ke luar atau yang baru datang dari rantau sekali 24 jam dan melaporkannya kepada camat dan Dinas PMDPPA.

"Surat ini diterbitkan dalam rangka peningkatan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 di Kabupaten Toba," terangnya. (EDU)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C