Log in

Sekda Saul Situmorang Akhiri Masa Tugas di Humbahas

BERSAMA-Sekda Humbahas, Saul Situmorang (lima dari kiri) diabadikan bersama beberapa pimpinan SKPD Humbahas pada apel terakhir di sekretariat kantor bupati. BERSAMA-Sekda Humbahas, Saul Situmorang (lima dari kiri) diabadikan bersama beberapa pimpinan SKPD Humbahas pada apel terakhir di sekretariat kantor bupati.

DOLOK SANGGUL-andalas Setelah lima tahun mengabdi dan menjalankan tugas sebagai sekertaris Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Saul Situmorang melakukan apel terakhir di Sekretariat kantor bupati, Bukit Inspirasi, Dolok Sanggul, Senin (13/11).

Pada kesempatan itu, dia menegaskan, sebagai abdi negara, ASN harus mampu menerapkan 3E (etos kerja, emosional corps dan etika kerja). Di samping itu dibutuhkan kematangan emosional, intelektual dan spiritual. “Hal itu harus dimiliki ASN untuk menjadi profesional. Selain itu, penghormatan junior terhadap senior dalam bekerja juga salah satu faktor yang tidak bisa diabaikan. Pada tertib administrasi ini semua harus diwujudkan sehingga setiap lembar pekerjaan tidak kecolongan,” urainya.

Diiingatkan, ASN harus kompak dalam melaksanakan pekerjaannya sebagai aparatur negara. Bekerjalah sebagai team work dan kesampingkan ego pribadi maupun sektoral demi membangun Humbahas. Pupuk kerja sama serta loyal terhadap pekerjaan maupun atasan.

Usai apel pagi, Saul bersalaman dengan peserta apel sebagai bentuk perpisahan sekaligus pamitan dan mendapat apresiasi dari ASN dengan linangan air mata. Di rumah dinas, kepada wartawan, Saul mengatakan, selepas dari Humbahas dirinya akan meneruskan pengabdiannya sebagai ASN di Pemkab Samosir.

Disebutkan, perpindahannya ke Pemkab Samosir sesuai dengan PP 11/ 2017 tentang manajemen PNS pada Pasal 133 ayat 1 yang mengamanatkan bahwa jabatan pratama hanya dapat diduduki paling lama lima tahun.

“Rabu ini jabatan sekda yang saya duduki tepat 5 tahun. Sebelumnya, selama 2 tahun menjadi kepala Badan Perencanaan Daerah. Jadi saya juga berterimakasih kepada Bupati Dosmar-Saut yang sudah memercayakan dan memerpanjang masa jabatan hingga tepat 5 tahun seperti diamanatkan PP tadi,” katanya.

Saul menjelaskan, untuk menjadi ASN yang baik sangat sederhana cukup dengan taat aturan dan taat administrasi, di samping itu harus loyal pada pekerjaan dan loyal pada atasan. “Jadi sebagai ASN harus bisa mengawal bupati untuk menyukseskan visi misi yang sudah ditetapkan. Tidak ada lagi istilah dia orangnya sianu dan ini orangnya bupati. Kekompakan dan team work harus terwujud dalam bekerja,” tukasnya.

Mantan Plh Bupati Humbahas ini juga sangat berterimakasih pada mantan Bupati Humbahas, Maddin Sihombing-Marganti Manullang yang sudah banyak memberikan bimbingan, nasihat serta pendidikan yang membuatnya menjadi ASN yang tunduk akan peraturan serta harus tertib administrasi.

“Semua pekerjaan sudah diatur dengan SOP. Jangan menyimpang dari SOP yang sudah ditentukan karena akan berakibat fatal bahkan dapat merusak tatanan birokrasi. Misalnya, administrasi itu menuntut perjalanan hierarkis. Jangan nyelonong langsung kepada atasan tertinggi, sehingga hal yang patut dikoreksi terabaikan. Itu akan berakibat fatal,” pungkasnya. (AND)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 20 Nov 2017 29°C 22°C
  • 21 Nov 2017 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px