Log in

Sekda Palas : Perkemahan Pramuka Sarana Penempaan Karakter

Sekda Kabupaten Palas Arpan Nasution menyematkan tanda peserta secara simbolis di pembukaan perkemahan pramuka santri tingkat Kwarcab Pramuka Palas di Plataran Masjid Agung AL-Munawwaroh, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Sabtu (19/10). Sekda Kabupaten Palas Arpan Nasution menyematkan tanda peserta secara simbolis di pembukaan perkemahan pramuka santri tingkat Kwarcab Pramuka Palas di Plataran Masjid Agung AL-Munawwaroh, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Sabtu (19/10).

Sibuhuan-andalas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Padang Lawas (Palas) Arpan Nasution membuka kegiatan perkemahan Pramuka Santri tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Palas di Plataran Masjid Agung AL-Munawwaroh, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Sabtu (19/10) sore.

Pembukaan perkemahan santri yang diikuti 24 Pondok Pesanteren (Ponpes) se-Palas, ditambah 74 pembina dan 45 orang panitia ini, dihadiri Kakan Kemenag Palas Drs H Amran Hasibuan, Waka Binamuda Kwarcab Palas Zainuddin Hasibuan, dan sejumlah pimpinan ponpes se-Palas, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Bupati Palas H Ali Sutan Harahap dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Palas Arpan Nasution sebelum membuka acara perkemahan ini, mengatakan, gerakan Pramuka adalah tempat penempaan karakter yang bertaqwa bagi kaum muda termasuk para santri sebagai peserta kegiatan tersebut.

Untuk itu, ia berharap, agar seluruh santri yang mengikuti kegiatan betul-betul serius mengikutinya. Hingga nanti dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh.

Terkait akan adanya sejumlah perlombaan di kegiatan ini, ia berpesan bagi para juara nanti supaya jangan berbangga diri. Akan tetapi supaya menjadikan prestasi yang diraih di kegiatan itu sebagai motivasi untuk meraih kesuksesan yang lebih tinggi di masa yang akan datang.

Bagi peserta atau kelompok yang belum meraih prestasi, ia juga berpesan, supaya jangan rendah diri. Dan menjadikan kegagalan tersebut sebagai motivasi untuk lebih giat berlatih hingga bisa meraih prestasi dikegiatan pramuka yang akan datang.

Kepada seluruh panitia dan dewan juri pada sejumlah perlombaan di kegiatan ini, ia menegaskan supaya berlaku adil dalam memberikan penilaian bagi masing-masing peserta lomba atau masing-masing tim. "Berikan penilaian yang adil bagi peserta tanpa pandang bulu," katanya.

Sebelumnya, Kholiluddin Hasibuan selaku ketua panitia acara, dalam laporannya menyebutkan, perkemahan santri tersebut adalah program kerja Kwarcab Pramuka Palas tahun 2019. Kegiatan perkemahan santri perdana tingkat Kwarcab Pramuka Palas direncanakan berlangsung hingga Selasa (22/10) mendatang.

Peserta yang mengikuti perkemahan ini berjumlah 889 anggota terdiri dari penegak putra 381 orang dan putri 390, pembina putra 32 orang dan putri 41 orang, ditambah panitia 36 orang dan pembina putri 9 orang.

"Kegiatan yang dipertandingkan yakni lomba pidato Bahasa Arab, Bahasa Inggris, serta Takfiz matan Jurmiyah dan Rubbiyah, Syalawatan, senam santri, smaphore, pionering dan Deville Pramuka," terang Kholil.

Hadir dikegiatan perkemahaan santri, Kamabiran yang juga Camat se-Palas, pimpinan Ponpes, pimpinan OPD, Kakan Kemenang Palas Drs Amran Hasibuan, dan seluruh pengurus Kwartur Cabang Gerakan Pramuka Palas. (ISN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px