Log in

Sawah Kebanjiran, Petani Batu Bara Terancam Gagal Panen

TERENDAM - Tanaman padi di lahan persawahan di Desa Suka Ramai, Kecamatan Sei Balai, Batu Bara terendam banjir. TERENDAM - Tanaman padi di lahan persawahan di Desa Suka Ramai, Kecamatan Sei Balai, Batu Bara terendam banjir.

Batu Bara,Sumatera Utara-andalas Puluhan hektar tanaman padi yang mulai menguning di persawahan, di Desa Suka Ramai, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara, sejak Sabtu hingga kini, terendam banjir, akibat terjangan hujan deras serta kiriman air dari hulu sungai.

Bila air tidak segera surut, para petani di daerah itu khawatir mereka akan terancam gagal panen. Dan bila itu terjadi, padi akan mengalami kerusakan yang berakibat para petani akan mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Sunar (40), seorang petani warga Desa Suka Ramai kepada andalas, Selasa (16/5) mengungkapkan, tanaman padi di lahan persawahan di daerahnya itu mengalami kerugian yang cukup besar disebabkan hantaman banjir yang tak kunjung surut.

"Inilah kondisi sawah kami, karena banjir tanaman padi yang menguning mengalami kerusakan yang cukup serius. Harapan kami, Dinas Pertanian Pemkab Batu Bara secepat mungkin memerhatikan nasib kami yang terancam mengalami kerugian besar saat ini,"harap Sunar.

Terkait kondisi tersebut, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Batu Bara Azijul Mukahar, saat dimintai konfirmasi melalui selulernya mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang melakukan pendataan terhadap tanaman padi sawah yang terkena banjir.

"Dinas Pertanian Kabupaten Batu Bara berencana akan membantu kerugian yang dialami para petani itu nanti, melalui Asuransi Usaha Tanaman Pangan,"jelas Azijul.  Kalau memang kerugian para petani cukup besar, lanjut Azijul, pihaknya berencana akan mendaftarkan para petani sawah itu masuk kedalam Asuransi Usaha Tanaman Pangan.

"Jika rencana itu berhasil nantinya setiap 1 hektar tanaman padi sawah yang mengalami gagal panen akan diberikan bantuan dana sebesar Rp6.000.000,"ungkap Azijul Mukahar.(SUSI)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

28°C

Medan, Sumatera Utara

Partly Cloudy

Humidity: 75%

Wind: 6.44 km/h

  • 20 Sep 2017 30°C 22°C
  • 21 Sep 2017 29°C 23°C

Banner 468 x 60 px