Log in

Saprotan Utama Panen Bersama di Desa Sendang Rejo


Stabat,Sumatera Utara-andalas Para petani bersama, PPL, Koordinator PPL, Babinsa, Polmas dan Pemerintah Desa Sendang Rejo menggelar acara ‘Panen Bersama Saprotan Utama’ di areal persawahan Kelompok Tani Karya, di Dusun 2 Desa Sendang Rejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Senin (14/5). Turut hadir dalam kegiatan tersebut puluhan massa petani dari Hinai, Gebang dan Secanggang (Langkat) serta dari Paya Bakung, Kota Rantang Hamparan Perak, Percut Sei Tuan (Deli Serdang) dan Sergei.

Dalam kesempatan itu Plt Kades Sendang Rejo, Sutarto SE mengucapkan syukur karena akhir-akhir ini perekonomian masyarakat Sendang Rejo memang cenderung meningkat seiring meningkatnya hasil panen dari para petani, sebab seperti diketahui, mayoritas warga masyarakat Desa Sendang Rejo adalah petani.

“Saya pun senang karena kita guyub. Jadi, walaupun ada Pilkada seperti sekarang ini kita harus tetap guyub agar suasana yang tenang dan sejuk bisa tetap dipelihara dengan baik,” ujarnya sambil tersenyum.

Sedangkan Koordinator PPL Pertanian Kec Binjai, Irmansyah dalam sambutannya berharap agar masyarakat terus bercocok tanam dengan baik, sesuai dengan arahan para penyuluh pertanian yang ada di desanya.

“Ya, saya sendiri sudah terjun ke lapangan dan saya melihat hasil panen ini begitu berhasil. Mudah-mudahan para petani kita ini tetap bersemangat walaupun tantangan tetap ada menghadang,” ujarnya seraya minta agar para petani tidak lupa untuk bersyukur. Sebab jika kita mau bersyukur, maka Allah SWT akan menambah dan melipatgandakan nikmat rezekinya kepada kita. Sebaliknya, jika kita tidak mau bersyukur, maka Allah SWT akan menurunkan azab yang pedih.

Sementara itu, Agronomis Saprotan Utama Wilayah Sumut, Budi Harto SP menegaskan dengan momentum acara Panen Bersama kita berupaya untuk mengembalikan kearifan lokal dengan meningkatkan semangat dan nilai-nilai kegotongroyongan dalam kebersamaan, khususnya bagi para petani.

Untuk saat ini hasil panen para petani di Langkat memang masih tertinggal dari para petani di Deli Serdang.  Sebagai perbandingan, kalau di Langkat hasil panen padi rata-rata hanya 4,7 sampai 5 ton per ha, tapi kalau di Deli Serdang sudah mencapai 5,9 sampai 6,4 ton per ha.

Babinsa dan Polmas Siap Membantu

Sementara itu, Babinsa Desa Sendang Rejo, Serda Ramli menegaskan siap untuk membantu para petani agar tidak mengalami kesulitan dalam bercocok tanam. “Jadi, jika kekurangan pupuk dan benih segera laporkan kepada kami, sebab petani sekarang tidak boleh lagi kekuraangan pupuk dan benih,”ujarnya didampingi Polmas, Bripka Asron.

Polmas Bripka Asron pun mengingatkan agar masyarakat tidak lupa untuk menjaga ketertiban dan keamanan.  Karena itu, jika ada yang mengganggu kamtibmas atau ada gerakan-gerakan mencurigakan dia pun minta agar segera dilaporkan kepadanya.

“Apalagi pada saat menjelang Pilkada dan pada saat menjelang datangnya bulan suci Ramadan seperti sekarang ini, tertertiban dan kemanan masyarakat harus terjaga dengan baik,” ujarnya.

Seusai acara, dilakukan makan bersama (punggahan) menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Setelah itu dilakukan pemberian hadiah dan cenderamata kepada para petani melalui lucky draw.Ada banyak hadiah dan cenderamata yang diberikan kepada para petani, di antaranya kereta sorong, payung, tikar, rice cooker, dispenser dan polar knapsack sprayer (alat semprot elektronik).  (BD)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

25°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 94%

Wind: 6.44 km/h

  • 17 Aug 2018 30°C 24°C
  • 18 Aug 2018 31°C 23°C

Banner 468 x 60 px