Log in

Rp220 Juta, Target PAD Dishub Tobasa dari Perparkiran 2019

Donald Simanjuntak Donald Simanjuntak

Tobasa,Sumatera Utara-andalas  Target Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dari pelayanan parkir di tepi jalan umum untuk tahun ini sebesar Rp193 juta. Untuk mencapai target ini, Dishub melakukan penagihan retribusi di lima lokasi yakni di Balige, Laguboti, Porsea, Parmaksian dan Ajibata.

Hanya di lima lokasi itu kami lakukan penagihan retribusi parkir. Besarannya, untuk kendaraan roda 2 Rp1.000, roda 4 Rp2.000 dan roda 6 Rp4.000. "Penagihannya kami lakukan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Tobasa No 4 Tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum,” ujar Kadishub Pargaulan Sianipar melalui Kabid Prasarana dan Keselamatan, Donald Simanjuntak, di ruang kerjanya di Balige, Rabu (10/10).

Mengenai sistem penagihan, lanjut Donald, dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat setempat, karena Bidang Prasarana dan Keselamatan Dishub minim staf. Diakui di bidangnya hanya ada 18 tenaga honor yang tugasnya sudah ditetapkan dalam rangka mewujudkan Tobasa Layak Anak yakni, melakukan PAM dikomplek SMPN 1 Atap Tampahan, dikomplek Soposurung Balige, di sekitar SD Sangkarnihuta Balige dan dibeberapa tempat lainnya. Tugas lain melakukan PAM di Pekan Balige, Laguboti dan Porsea.

“Itulah sebabnya kami melakukan penagihan melalui pemberdayaan masyarakat setempat, tanpa digaji. Mereka hanya bisa memperoleh upah dari kelebihan, setelah target dicapai. Kalau targetnya tidak tercapai, mereka tidak akan mendapat upah. Artinya dengan kondisi minim staf, kami sudah membuat solusi dan telah maksimal melaksanakan penagihan retribusi pelayanan parkir ditepi jalan umum,” tegasnya.

Namun meskipun kondisinya sudah demikian, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), diakui menaikkan target PAD Dishub 2019, dari pelayanan parkir di tepi jalan umum. “Tahun ini kami diberi target Rp193 juta. Tahun depan oleh BPKAD menaikkannya menjadi Rp220 juta. Dengan target ini tentu kami harus kembali mencari solusi. Mudahan-mudahan dengan adanya rencana revisi Perda Nomor 4/2012, khususnya di bidang teknis pelaksanaan, ditemukan solusi yang tepat untuk mencapai target ini,” terangnya. (edu)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 8.05 km/h

  • 23 Oct 2018 27°C 22°C
  • 24 Oct 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px