Log in

Relokasi Tahap Ketiga di Siosar Dipercepat

KUNCI - Wagubsu Hj Nurhajizah Marpaung didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana, meresmikan 348 unit huntara ditandai penyerahan kunci secara simbolis kepada warga pengungsi Sinabung. KUNCI - Wagubsu Hj Nurhajizah Marpaung didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana, meresmikan 348 unit huntara ditandai penyerahan kunci secara simbolis kepada warga pengungsi Sinabung.

348 Unit Huntara Pengungsi Sinabung Diresmikan Wakil Gubernur Sumatera Utara

Kabanjahe,Sumatera Utara-andalas Sebanyak 348 unit hunian sementara (Huntara) yang diperuntukan bagi pengungsi korban erupsi gunung Sinabung diresmikan Wagubsu Brigjen (Purn) Hj Nurhajizah Marpaung, Kamis (11/1). Relokasi pengungsi Sinabung dibagi dalam tiga tahap, tahap I sebanyak 370 KK di Siosar, tahap kedua 1.873 KK sedang berjalan dan tahap ke tiga untuk 1.080 KK di Siosar termasuk lahan pertanian.

Peresmian relokasi tahap ke dua itu ditandai dengan pemberian kunci hunian sementara secara simbolis kepada warga oleh Wagubsu didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana SH di Desa Ndokum Siroga (Huntara I) Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo.

Pembangunan hunian sementara ini adalah bagian dari penanganan bencana akibat erupsi Gunung Sinabung khususnya kepada warga khususnya warga yang selama ini ditempatkan di sejumlah posko pengungsian.

Huntara ini dibangun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian PUPR sebanyak 348 unit yang tersebar di 4 titik, 3 titik di Desa Ndokum Siroga Kecamatan Simpang Empat dan 1 unit di Desa Jandi Meriah, Kecamatan Tiganderket.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH dalam sambutannya mengatakan “Kita sangat bersyukur  karena warga pengungsi dari 4 desa korban erupsi gunung Sinabung akan menempati hunian sementara yang telah dibangun BNPB dan Kementerian PUPR, kita berharap kiranya hunian sementara ini benar-benar dapat difungsikan dan dirawat dengan baik,” ujarnya.

Peresmian huntara ini merupakan bukti nyata bahwa pemerintah tidak membiarkan masyarakatnya sendirian dalam menghadapai bencana. "Pemerintah juga tidak bisa bekerja sendiri, tetapi tetap didukung oleh seluruh komponen bangsa serta seluruh masayarakatnya agar penanganan bencana dapat segera diselesaikan," tutur Bupati Karo

Selanjutnya, relokasi pengungsi tahap ketiga untuk 1.080 KK secepatnya akan dilaksanakan pada tahun 2018 ini. Mengenai penetapan lahan hunian pengungsi Sinabung seluas sekitar 480 hektare di Siosar telah ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutahan (KLHK). “Pembangunan relokasi tahap ke tiga ini nantinya juga diharapkan dipercepat, agar 2018 semua relokasi pengungsi terdampak erupsi Sinabung sudah selesai,” ujarnya.

Sementara Wakil Gubernur Sumatera Utara mengatakan, selamat menempati hunian sementara ini, semoga bencana Sinabung segera berakhir."Mari kita jaga dan manfaatkanlah huntara ini sebaik-baiknya dan jadikanlah tempat tinggal yang ramai dan damai,”katanya.

Wagubsu Nurhajizah Marpaung juga mengajak Pemerintah Kabupaten Karo untuk selalu melakukan konsultasi dan koordinasi dalam penanganan bencana, terus melakukan pelayanan, pembinaan serta pemantauan warga yang ada di huntara maupun di huntap” ajak Wagubsu.

Selain peresmian huntara, pada kesempatan itu juga dilaksanakan pemberian bantuan bagi korban akibat bencana alam gempa bumi yang terjadi pada Januari 2017 yang lalu. Bantuan tersebut disumbangkan Pemprovsu yang diberikan Wagubsu.

Kepala BPBD Kabupaten Karo, Ir Martin Sitepu mengatakan, sebelumnya hunian sementara (Huntara) diharapkan selesai di bulan Oktober 2017 lalu, namun karena mengalami beberapa kendala di Kementerian PUPR  mengakibatkan terlambatnya peresmian dan penerimaan kunci yang baru terlaksana pada hari ini. Pelaksanaan perpindahan barang-barang pengungsi, bersih-bersih lokasi hunian, dan hal-hal lainnya sudah berlangsung beberapa hari sebelumnya. “Semoga saudara-saudara kita pengungsi bisa menjalani hidup yang layak dan normal setelah menempati huntara ini,” ujarnya

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo menyatakan bahwa relokasi pengungsi tahap kedua sebanyak 1.873 kepala keluarga korban erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, ditargetkan selesai akhir tahun 2017.

Hadir dalam peresmian 348 unit huntara itu, Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, Deputi Tanggap Darurat BNPB Yolak Dalimunthe, Kepala BPBD Provsu Riadil Akhir Lubis, Dandim 0205/TK Letkol Inf. T.Rizal, Kapolres AKBP Benni R Hutajulu, SIK, anggota DPRD Karo Jhon Karya Sukantendel, SKPD propinsi, para staf ahli dan para asisten, SKPD jajaran Pemkab Karo. (RTA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 23 Sep 2018 30°C 22°C
  • 24 Sep 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px