Log in

Rehab RSUD Sidikalang Diusulkan ke Menkes


Sidikalang-andalas Bupati Dairi Dr Eddy Kelleng Ate Berutu memiliki atensi cukup besar dalam peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat. Langkah serius dilakukan termasuk dengan menemui Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moelok di gedung Kementerian Kesehatan RI di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (10/5) lalu.

Hal tersebut disampaikan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang dr Henry Manik yang turut mendampingi Bupati bertemu Menkes ketika dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Jumat (17/5).

Dia membenarkan, pembenahan pelayanan dan rehab gedung RSUD Sidikalang merupakan salah satu item yang diajukan Bupati untuk mendapat dukungan pemerintah pusat melalui kementerian kesehatan. Henry menyebut, ketersediaan gedung dan fasilitas rumah sakit disamping tenaga kesehatan yang memadai, merupakan bagian dari peningkatan kwalitas pelayanan.

Diakui,  kondisi gedung RSU Sidikalang saat ini sudah  tidak memadai dari sisi usia pakai maupun tata letak ruangan. Dicontohkan, pasien bersalin dari ruang Ponek yang hendak mendapat perawatan lanjutan harus dibawa melewati ruang IGD menuju ruang rawat, demikian halnya  dengan tata letak ruangan lain.

Demikian halnya dengan kondisi ruangan kerja termasuk ruang kerja dokter yang sangat sederhana dan kurang nyaman yang dinilai turut mempengaruhi kinerja. Dibutuhkan rehabilitasi total gedung atau pendirian gedung baru di lokasi lain.

"Desain baru telah disiapkan dengan rancangan dibangun di atas lahan seluas dua hektar dengan arsitektur modern berlantai empat dan penambahan ruang perawatan dengan nilai anggaran sekitar Rp275 milliar," kata Henry Manik.

Saat ini, lanjut Henry Manik, RSUD Sidikalang termasuk kotegori sibuk dengan jumlah pasien rata-rata di antara 1500 hingga 2000 orang per bulan.

Jika usulan terealisasi, disertai optimalisasi dan peningkatan pelayanan termasuk meningkatkan akreditasi dari tipe C menjadi tipe B, maka RSU Sidikalang akan menjadi tujuan rujukan pasien dari beberapa kabupaten/kota berdekatan seperti Kabupaten Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, maupun Aceh Singkil dan Subulusalam Nanggroe Aceh Darussalam akan terlayani mengingat letak Kabupaten Dairi yang cukup strategis.

"Usulan itu juga akan menjawab ketersedaaan layanan kesehatan bagi wisatawan, berkaitan dengan program nasional pengembangan pariwisata Danau Toba," tandasnya.

Sementara itu, terkait dengan pelayanan RSUD Sidikalang saat ini, Henry Manik yang mengaku mendapat instruksi dari Bupati untuk melakukan pembenahan di internal, terus berupaya membangun dan meningkatkan kerja sama antara tenaga fungsional dengan management.

"Selain itu, peningkatkan disiplin dan tanggungjawab, rasa kekeluargaan, keterbukaan komunikasi untuk saran dan masukan dalam mengatasi masalah dan kendala kerja sehingga menjadi tim kerja yang solid dan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dalam memberi pelayanan kepada masyarakat," tandasnya. (GOL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px